11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Rayakan HUT RI ke-71, Ace Bersih Indonesia Serentak di 30 Kota

IMG_20160828_061646-1280x720Sidoarjo, KabarGRESS.com – Sebagai bentuk kepedulian ACE terhadap lingkungan, maka digelar gerakan ACE Bersih Indonesia secara serentak di 30 kota di Indonesia. Setelah sebelumnya sukses melakukan aksi membersihkan 27 landmark atau simbol kota di 24 kota di Indonesia pada tahun 2014, maka tahun ini dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 diselenggarakan ACE Bersih Indonesia yang merupakan aksi peduli lingkungan dengan mengumpulkan sampah anorganik, khususnya plastik, yang dilakukan oleh karyawan ACE.

Kemudian hasil pengumpulan sampah plastik tersebut akan diteruskan ke bank sampah di masing-masing kota untuk dikelola lebih lanjut. Kegiatan ini dilaksanakan serentak pada tanggal 28 Agustus 2016 di 30 area publik yang memiliki nilai historis yang tersebar di 30 kota di Indonesia. Khusus di Manado dan Kupang diselenggarakan tanggal 27 Agustus 2016.

Lokasi pelaksanaan gerakan ACE Bersih Indonesia oleh ACE, yaitu: Museum Fatahilah Kota Tua Jakarta, Balai Kota Bandung, Lapangan Merdeka Medan, Pantai Kuta Bali, Pantai Parangtritis Yogyakarta,  Taman Flora (Kebun Bibit Bratang) Surabaya, Masjid Al-Markas Makassar, Tugu Muda Semarang, Keraton Kasepuhan Cirebon, Lapangan “Engku Putri” Batam Centre, Patimura Park Ambon, Digulis Tugu Pontianak, Museum Radya Pustaka Solo, Tugu Perjuangan Alun-alun Kota Bekasi, Alun-alun Kota Tasikmalaya, Dermaga Senggigi Beach Lombok, Taman Bekapai Balikpapan, Tugu Simpang 4 Banjarbaru, Taman PKK Pemprov Banjarmasin, Tugu Pesut Samarinda, Taman Ekalokasari Bogor, Tugu Selais Pekanbaru, Lapangan Karangpawitan Karawang, Monumen Juang 45 Malang, GOR Gelora Delta Sidoarjo, Jembatan Gentala Arasy Jambi, Tugu Adipura Bundaran Gajah Lampung, Monumen Penderitaan Rakyat Palembang, Monumen Pahlawan R.W. Mongisidi Manado dan Gong Perdamaian Kupang.

IMG_20160828_054504-1280x720Nana Puspa Dewi selaku Corporate Marketing Director Kawan Lama Group menyatakan “Selain gerakan ACE Bersih Indonesia, ACE juga turut mendukung program pemerintah untuk mengurangi sampah plastik melalui penerapan plastik berbayar, penggunaan plastik ramah lingkungan (biodegradable) di semua toko serta mengadakan program khusus untuk tas belanja lipat (foldable) yang dapat digunakan ulang (reusable) setiap berbelanja di ACE. Semua kegiatan ini adalah wujud tanggung jawab sosial kami dalam bidang lingkungan hidup yang merupakan salah satu pilar dalam Kawan Lama Foundation.”

Kawan Lama Foundation ialah yayasan yang menaungi Kawan Lama Group untuk melakukan program corporate social responsibility (CSR) yang mendukung empat pilar kegiatan yaitu: pendidikan, lingkungan hidup, kemanusiaan dan pembangunan masyarakat. Brand yang tergabung dalam Kawan Lama Group antara lain; ACE, Informa, Toys Kingdom, Office 1, Pendopo, Bike Colony, Dr. Kong dan Chatime.

Selain kegiatan ACE Bersih Indonesia, Kawan Lama Foundation juga telah menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial lainnya seperti program Donasi Kemanusiaan melalui PMI yaitu donasi kembalian pelanggan di toko ACE Hardware & Informa Furnishings seluruh Indonesia yang hasilnya akan disalurkan melalui PMI untuk membantu kegiatan kemanusiaan (bantuan untuk korban bencana alam, pendidikan pertolongan bencana dan kesehatan), Donasi 1 unit ambulans kepada PMI Pusat, Trees for Tomorrow-Menuju 1 juta Pohon yaitu pembagian bibit pohon gratis untuk ditanam kepada customer dan masyarakat, sumbangan furnitur dan pembangunan ruang belajar untuk program pendidikan informal melalui program Jendela Dunia dan Rumah Belajar Kawan Lama Foundation, Belanja Bersama Anak Yatim yaitu program yang bekerjasama dengan PKPU, Office 1 mengajak sebanyak 250 anak yatim berbelanja kebutuhan sekolah, serta Rupiah Untuk Rumah yaitu pembangunan 25 rumah layak huni untuk keluarga pra-sejahtera di 6 kota di Indonesia yaitu Surabaya, Bali, Batam, Medan, Yogyakarta, dan Bandung.

IMG_20160828_055928-1280x720Sementara itu, Store Manager ACE Hardware Sidoarjo, Zaldi Afrianto, mengatakan untuk kegiatan bhakti sosial di Sidoarjo berlangsung di GOR Sidoarjo. “Ada sekitar 50 karyawan di store kami yang berpartisipasi pada kegiatan pagi ini. Selain membersihkan sampah di sekitar GOR, kami juga memberikan tempat sampah serta tas ramah lingkungan kepada pengelola GOR,” ujarnya. (ro)

Teks foto:

– Store Manager ACE Hardware Sidoarjo, Zaldi Afrianto, menyerahkan tempat sampah dan tas ramah lingkungan kepada perwakilan pengelola GOR Gelora Delta Sidoarjo.

– Kegiatan membersihkan sampah di GOR Gelora Delta Sidoarjo dan foto bersama.