31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul: Mahasiswa Wajib Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. Saifullah Yusuf Berbincang dengan Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UnairSurabaya, KabarGress.com – Perkembangan kemajuan teknologi mengharuskan seseorang untuk membekali dirinya dengan kemampuan yang positif. Sama halnya dengan mahasiswa yang dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kompetensi diri. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf saat memberikan motivasi dan pembekalan bagi 492 mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Budaya Angkatan 2016/2017 di Universitas Airlangga, Rabu (24/8).

Ia mengatakan, saat ini mahasiswa atau generasi muda hidup dalam kemajuan teknologi yang sangat pesat dan luar biasa. Teknologi dengan sangat mudah diakses oleh semua kalangan. Bermacam ilmu bisa dicari untuk refrensi diri dalam belajar. Disisi lain, teknologi jika tidak dimanfaatkan dengan baik akan memberikan dampak yang buruk bagi penggunanya. Maka, mahasiswa harus menjadi motor penggerak dalam memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menambah keilmuan dan pengetahuannya sekaligus meningkatkan diri secara bertahap.

Gus Ipul sapaan akrabnya mencontohkan, kemajuan ponsel dimasa sekarang sangatlah hebat. Dahulu, seseorang hanya bisa melakukan komunikasi dua arah seperti berkirim pesan dan melakukan komunikasi suara. Akan tetapi, saat ini ponsel telah jauh berkembang menjadi sebuah perangkat yang sangat dibutuhkan manusia.

“Semua ada di dalam isi ponsel ini. Semua informasi, ada dalam benda sekecil ini. Teknologi ke depan akan lebih maju lagi,” tegasnya.

Contoh lainnya, adalah kehebatan transportasi yang menggunakan teknologi. Tidak pernah terfikirkan dahulu transportasi hanya dilakukan secara manual. Namun saat ini, dengan genggaman tangan, semua bisa dilakukan dengan mudah.

“Banyak taxi-taxi konvensional saat ini yang koleps dengan adanya taxi maupun transportasi online. Tidak ada yang menduga bahwa saat ini, taxi konvensional kalah dengan sebuah sistem aplikasi yang bisa di akses semua pengguna masyarakatnya. Maka, mahasiswa juga dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi secara positif,” imbuhnya.

Gus Ipul berharap, agar kemajuan teknologi yang begitu pesat juga diimbangi dengan etika dan moralitas. Mahasiswa jangan hanya menunduk dan kalah dengan teknologi, akan tetapi hubungan antar sesama manusia juga perlu diperhatikan. “Kemajuan teknologi, jangan membuat mahasiswa lupa akan hubungan sosial. Jangan sampai kemajuan teknologi memutus hubungan sosial,” tutupnya. (hery)