31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul Dukung Pembangunan Lapas di Jatim

Surabaya, KabarGress.Com – Wakil gubernur Jawa Timur H. Syaifullah Yusuf, Selasa (16/8/2016) pagi mengunjungi lapas porong Sidoarjo untuk mengetahui jumlah penghuni lapas hingga tahun 2016 ini.

Gus Ipul sapaan akrabnya mengakui, rata – rata memang dihampir semua lembaga pemasyarakatan over capasity (kelebihan kapasitas) tidak terkecuali dilapas porong yang terletak di jalan raya Porong tersebut.

“Jadi untuk saat ini kapasitasnya lebih tapi penghuninya malah makin bertambah, dan pemerintah pusat sendiri untuk saat ini memang juga belum ada anggaran,” ucapnya.

Dirinya mengatakan, dari 11 ribu penghuni lapas, 60 persen didominasi dari peredaran dan pengguna narkoba. Hal ini harusnya menjadi perhatian khusus bagi pemerintah.

“Dan untuk masalah kapasitas lapas, ini memang menjadi tanggungan pemerintah pusat dan kami (pemprov) sekarang sudah mengusulkan untuk menambah kapasitas buat lapas khususnya untuk Jawa Timur,” terangnya.

Semantara itu, Kepala Kanwil Menkumham Jatim, Budi Sulaksana mengatakan, 66 persen dari seluruh penghuni lapas akan mendapatkan remisi. Namun itu tidak termasuk untuk pengguna narkoba.

“Karena ada permintaan dari Menkumham (Menteri Hukum dan Ham) khusus pengguna narkoba di atas 5 tahun harus kementerian sendiri yang tanda tangan,” pungkasnya. (tur)