Lanjutkan Rencana Strategis, AKSes KSEI Co-Branding dengan Uang Elektronik

Lanjutkan Rencana Strategis, AKSes KSEI Co-Branding dengan Uang ElektronikJakarta, KabarGRESS.com – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., dan PT MNC Securities menerbitkan AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) KSEI Co-Branding dengan kartu BRIZZI. Kartu tersebut secara resmi diluncurkan hari ini (5/8) di Main Hall, Galeri Bursa Efek Indonesia – Jakarta oleh Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi,  Direktur BRI Irianto dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo, disaksikan Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Nurhaida.

Dalam sambutannya, Friderica menyatakan Co-Branding AKSes KSEI dengan Kartu Brizzi, sejalan dengan rencana strategis KSEI berupa AKSes Financial Hub yang telah dikembangkan sejak tahun 2014. Friderica berharap jaringan perbankan yang lebih luas, khususnya milik Bank BRI yang mencakup seluruh wilayah Indonesia, akan memberikan keuntungan bagi para investor pasar modal, seperti halnya bagi nasabah MNC Securities.

“BRI adalah salah satu bank Administrator RDN (Rekening Dana Nasabah) yang baru-baru ini bekerjasama dengan KSEI. Kami menyambut baik dan sangat mengapresasi upaya BRI dan MNC Securities, karena bentuk kerjasama Co-Branding dengan fasilitas uang elektronik seperti Kartu Brizzi ini adalah yang pertama kali dan merupakan inovasi baru. Terlebih lagi,  jaringan Bank BRI sangat luas dan dapat menjangkau hingga daerah pelosok,” kata Friderica.

Secara fungsi, kartu BRIZZI Co-Branding AKSes KSEI tidak terdapat perubahan dan tetap sama dengan kartu BRIZZI lainnya yang dapat digunakan di berbagai merchant yang telah bekerjasama dengan BRI. Friderica menambahkan, melalui kerjasama ini, nantinya nomor Single Investor Identification (SID) yang biasanya dicetak pada Kartu AKSes KSEI, akan dicetak pada Kartu BRIZZI khusus untuk nasabah MNC Securities.

“Hal ini tentunya menjadi nilai tambah dan keuntungan bagi investor karena dapat digunakan untuk melakukan transaksi tunai sekaligus digunakan sebagai kartu identitas investor dan mengecek portofolio investasi pasar modal melalui Fasilitas AKSes secara online dan real time. Diharapkan kerjasama serupa akan diikuti oleh bank Administrator RDN lainnya, sehingga semakin memudahkan investor dan meningkatkan gairah investasi di Pasar Modal Indonesia, sejalan dengan program BEI untuk meningkatkan jumlah investor,” tambah Friderica.

Pada kesempatan yang sama, Irianto Direktur BRI menyatakan “Sebagai Bank Administrator RDN yang berkerjasama dengan KSEI, BRI berkomitmen menjadi bank pertama yang memfasilitasi masyarakat Indonesia dalam berinvestasi di pasar modal hingga pelosok negeri. Dengan 10.600 unit kerja tersebar di Indonesia, diharapkan BRI dapat mendukung Pasar Modal Indonesia khususnya dalam pembukaan RDN bagi investor.” Saat ini, BRI telah bekerjasama dengan MNC Securities untuk pembukaan RDN. Penandatangan yang telah dilakukan bulan Februari 2016 lalu, merupakan salah satu wujud nyata BRI dalam memberikan layanan yang terbaik serta demi mewujudkan keinginan dan komitmen yang sejalan dengan KSEI dan MNC Securities, yaitu untuk membangun kepercayaan investor dalam berinvestasi di Pasar Modal Indonesia.

Sementara itu, Hary Tanoesoedibjo menyampaikan komitmen MNC Group terhadap Pasar Modal Indonesia karena pasar modal merupakan bagian penting bagi pembangunan Indonesia. Selain meluncurkan Co-Branding AKSes KSEI dengan kartu BRIZZI untuk nasabah MNC Securities, MNC Securities juga meluncurkan logo baru, layanan online trading MNC Trade dan MNC Gemesin (Gemar Menabung Saham Indonesia), sebuah yang mengajak masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal melalui share saving. Produk dan sarana yang diluncurkan pada hari ini diharapkan Hary dapat semakin menggairahkan pasar modal dan mempermudah investor maupun calon investor.

Menanggapi peluncuran Co-Branding AKSEI KSEI dengan kartu BRIZZI, Nurhaida menyambut positif inisiatif tersebut. “OJK sangat mengapresiasi inovasi dan pengembangan infrastruktur yang dilakukan pelaku pasar sehingga masyarakat dapat semakin memperoleh kemudahan. Program AKSes Co-Branding dengan industri perbankan menjadi satu inovasi yang signifikan karena integrasi kemampuan infrastruktur di pasar keuangan menjadi hal yang penting. Terlebih dengan perkembangan digitalisasi pasar keuangan yang cepat dengan daya penerimaan masyarakat yang sangat tinggi.” (ro)

Teks foto: Friderica Widyasari Dewi Direktur Utama KSEI (paling kanan), saat peluncuran Co-Branding AKSes dengan Kartu BRIZZI bersama Hary Tanoesoedibjo CEO MNC Group (tengah) dan Direktur BRI Irianto.

Leave a Reply


*