31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Dirgahayu ke-61 Tahun dan Halal Bihalal Kelatnas Indonesia Perisai Diri

IMG_20160724_101159-800x600Surabaya, KabarGRESS.com – Lebaran 1437 H menjadi moment penting khususnya bagi Keluarga Silat Nasional (Kelatnas) Indonesia Perisai Diri (PD). Bertempat di Auditorium Ki Moh. Saleh lantai 5 Kampus Unitomo Surabaya, para pendekar beserta pesilat dari perguruan silat historis tersebut mengadakan acara halal bihalal yang dihadiri langsung Ketua Umum Kelatnas Indonesia Perisai Diri, Dwi Sucipto. Tampak hadir pula di acara yang berlangsung gayeng tersebut, Rektor Unitomo, Dr. Bachrul Amiq.

Didi Achmady, mantan Tim 9 PD, mengatakan memang sejak beberapa tahun terakhir ada yang berseberangan di dalam internal PD terkait kepengurusan. “Lewat acara halal bihalal ini, selain merayakan dirgahayu ke-61 bertema ‘Mengembangkan dan Melestarikan Silat Perisai Diri sebagai Warisan Budaya Bangsa’, juga menjadi moment penting kembalinya Keluarga Besar Pencak Silat Perisai Diri ke dalam Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri,” terangnya di sela-sela acara, Minggu (24/7/2016).

Ada sekitar 200 pesilat se Jawa Bali yang hadir, bahkan ada dari luar negeri, yakni Don Basuki dari Jerman dan Brendan dari Australia. “Kedua pesilat ini selain pendiri padepokan di negaranya juga menjadi pelatih,” ujarnya.

Sejak berdiri pada 1955, PD banyak mencetak pesilat-pesilat handal dan berprestasi.

Dalam kesempatan yang sama juga diberikan beasiswa kepada para atlit silat PD yang berprestasi. (ro)