11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Perkuat Kelistrikan Jawa Timur & Madura, PLN Operasikan Trafo dan Bangun Transmisi

bangkalan 3-1024x621Bangkalan, KabarGRESS.com – PLN kembali menambah kapasitas listrik di Jawa Timur dengan mengoperasikan 10 transformator (trafo) Gardu Induk dengan total daya sebesar 340 Mega Volt Ampere (MVA) serta membangun transmisi 150 kilo Volt di Bangkalan.

Bertempat di Bangkalan, Madura, pada hari ini, Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN Amin Subekti bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo meresmikan secara langsung pengoperasian 10 trafo tersebut sekaligus juga pemancangan pertama pembangunan transmisi 150 kilo Volt Bangkalan.

Amin Subekti mengatakan bahwa dengan tambahan trafo ini dapat meningkatkan pelayanan kelistrikan dan menambah kapasitas pasokan listrik di Jawa Timur. Selain itu juga diharapkan dapat menjadi peluang bagi pelaku bisnis dan industri untuk mengembangkan usahanya di Jawa Timur.

“Dengan jaminan suplai energi listrik yang mencukupi dari PLN, memberikan kesempatan para pelaku bisnis dan investor untuk  memajukan usahanya di Jawa Timur tanpa khawatir kekurangan listrik,” jelas Amin.

Selama April hingga Juni 2016 PLN berhasil membangun 10 trafo tegangan tinggi di wilayah Jawa Timur yang tersebar di sejumlah titik, yakni Segoromadu (Gresik), Sumenep, Altaprima (Gresik), Nganjuk, Pare (Kediri), Pier (Pasuruan), Bumicokro (Pasuruan), Ploso (Jombang), Ngoro (Mojokerto), dan Tanjung Awar-awar (Tuban).

Transmisi 150 kilo Volt Bangkalan – Gilitimur

Untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan tenaga  listrik di Kabupaten Bangkalan, Madura, PLN akan membangun jaringan transmisi listrik Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt.

Jaringan transmisi ini merupakan tambahan dari jaringan yang sudah ada yang menghubungkan Gardu Induk (GI) Bangkalan dengan GI Gilitimur. Saat ini jaringan trasnmisi eksisting mampu mengalirkan daya sebesar 326 Megawatt (MW) dengan beban sudah lebih dari 80%.

Dengan adanya tambahan jaringan transmisi baru, akan menambah daya mampu pasok listrik sebesar 425 MW. Sehingga kapasitas total daya mampu dari transmisi Bangkalan – Gilitimur akan meningkat menjadi 752 MW.

Jaringan transmisi baru yang akan dibangun sepanjang 11,5 kilometer sirkuit ini terletak ditopang oleh 31 tower konstruksi. Berlokasi di Bangkalan, melewati 2 kecamatan, dan 7 desa (Kecamatan Burneh, Desa Burneh, Petepan, dan Masaran. Kecamatan Labang, Desa Merkopek, Brigen, dan Baengas). (ro)