31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Gaungkan Budaya Nyantri, PKS Gelar Surabaya Mengaji Kitab Kuning

20160624_204600-800x600Surabaya, KabarGress.Com – Budaya khas islam jawa yakni ” Nyantri” disadari ataupun tidak mulai luntur dikalangan masyarakat, padahal budaya tersebut merupakan alat pembelajaran untuk mendalami masalah agama islam. Hal tersebut diutarakan oleh Ibnu Sobir Ketua Bidang Pembangunan Umat (BPU) Partai PKS Jawa Timur (Jatim).

Oleh sebab itu pihaknya menginisiasi program Surabaya Mengaji Kitab Kuning sebagai upaya untuk menggaungkan kembali budaya nyantri sekaligus mengapresiasi para santri yang masih setia melanjutkan budaya khas islam jawa tersebut.

“Surabaya mengaji Kitab Kuning ini kami gagas sebagai upaya kami bersama masyarakat menggaungkan kembali budaya nyantri sekaligus mengapresiasi para santri yang telah setia menjaga tradisi” ujarnya saat pencanangan program Surabaya Mengaji Kitab Kuning DPW PKS Jatim bersama masyarakat Jum’at (24/06) malam.

Lebih lanjut dikatakan Ibnu Sobir, bahwa kegiatan ini telah dilakukan diseluruh jatim  dan di surabaya adalah tindak lanjut dari kegiatan yang digelar oleh jatim.

“In Shaa Allah program ini menjadi program yang kontinu dan dengan target setiap kabupaten satu kegiatan” imbuhnya.

Sementara itu, ketua DPD PKS Surabaya Akhmad Suyanto mengatakan kegiatan surabaya mengaji kitab kuning ini juga sebagai upaya kita meramaikan bulan suci ramadhan dan memperingati nuzulul Qur’an.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya kami untuk meramaikan bulan suci Ramadhan serta memperingati nuzulul Qur’an” ungkapnya.

▪Bantah sebagai Respon Dari kegiatan Nusantara Mengaji

Ketika disinggung soal kegiatan serupa yang dilakukan oleh Partai PKB yakni Nusantara Mengaji, Ibnu Sobir ( ketua BPU) Partai PKS ini membantah bahwa kegiatan Surabaya Mengaji Kitab Kuning ini, menurutnya kegiatan tersebut sudah diprogramkan oleh PKS sejak tahun 2010 dan ini sudah tahun ke enam.

“Fraksi PKS pusat telah menggelar lomba kitab kuning nasional yg digelar di 14 provinsi dan kami juga sudah menginisiasinya sudah sejak tahun 2010 lalu ” bantahnya.

Ditambahkannya, bahwa Bagi PKS ini adalah tujuannya untuk bersama-sama  mendorong kegiatan mengaji dan mencoba untuk mensosialisasikan budaya mengaji.

“Kami akan mendukung setiap kegiatan yang mengusung tentang kebersamaan untuk mendorong dan memasyarakatkan kegiatan mengaji. Tidak lebih dari itu” pungkasnya. (tur)