31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pramuka Perlu Inovasi Agar Menarik

saifulah yusuf lantik mabicab dan pengurus kwarcab gerakan paramuka kab.tuban rabu malam (1)Tuban, KabarGress.com – Pramuka merupakan gerakan kepemudaan atau tempat pembelajaran yang sangat hebat. Kegiatannya sampai ke pelosok daerah, namun kurang berinovasi sehingga diremehkan oleh masyarakat. “Ide atau gagasan baru atau inovasi, diperlukan agar Pramuka menjadi tempat belajar yang menarik bagi anak-anak, remaja dan semua,” ungkap Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf yang sekaligus sebagai Ketua Kwarda Jawa Timur saat melantik Mabicab, Pengurus Kwarcab, LPK, DKC, Ka. Mabiran, Ka Mabisa/Ka. Mabikel Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban Masa Bakti 2016 – 2021, di Pendopo Kabupaten Tuban, Rabu (22/6) malam.

“Jarang sekali yang memahami Pramuka secara mendalam,” lanjutnya. Padahal menurutnya Pramuka menjadi tempat pendidikan antara kegiatan di rumah dan kegiatan di sekolah. Secara umum, kenakalan remaja atau perilaku menyimpang yang dilakukan oleh para remaja, terjadi pada saat waktu luang diantara kegiatan di rumah dan di sekolah. Oleh karena itu Pramuka sangat diharapkan bisa membantu mengatasi permasalahan tersebut.

Disampaikan pula bahwa saat ini, Pramuka mendapat tantangan yang begitu hebat di tengah kemajuan IT (Informasi Teknologi) yang begitu dahsyat. “Apabila kita searching di media sosial, sedikit sekali yang membahas Pramuka,” paparnya. Maka dari itu diperlukan inovator yang dapat membuat lama-laman di media sosial agar Pramuka dapat menarik perhatian masyarakat dan menjadikan Pramuka milik semua.

Hal tersebut disampaikannya mengingat saat pembentukan pertama kali Pramuka oleh Presiden Pertama Ir. Soekarno pada tanggal 14 Agustus 1961, menginginkan Pramuka menjadi milik semua.

Ditambahkan, apalagi saat ini Indonesia dalam keadaan darurat narkoba, darurat pornografi, darurat kekerasan seksual. Untuk itulah Ketua Kwarda Jatim Kak Ipul sangat kegiatan Pramuka dapat hadir dan menarik perhatian semua, menarik perhatian generasi muda , menciptakan generasi unggul.

“Generasi unggul adalah generasi yang mempunyai kedekatan dengan Tuhan (Spiritual Happieness), bernalar dengan baik(Intelectual Happieness), berketerampilan, peduli dengan lingkungan, saling membantu, (mempunya empati), berkarakter dan cintah tanah air,” ungkapnya. Sehingga pada akhirnya Pramuka dapat melahirkan generasi unggul sebagai pemenang dalam kompetisi di era global.

Sementara itu Bupati Tuban H. Fathul Huda yang dilantik sebagai Ketua Majelis Pembina Cabang Tuban mengharapkan Pramuka sebagai gerakan kepemudaan dapat menjadi agen perubahan, agen pembangunan serta ikut melestarikan Negara Kesatuan Repblik Indonesia (NKRI). “Mari berupaya melaksanakan yang terbaik agar tercipta generasi unggul, generasi yang mampu bersaing di era global,” ajaknya. ( hery)