31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Mahasiswa Ubaya Raih Medali di ON Mipa 2016

Calvin Wijaya Johan - Yoanes Maria Vianney - Denny GunawanSurabaya, KabarGRESS.com – Tiga orang mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) mengikuti Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) ditingkat  Nasional 2016 pada Mei 2016 di Hotel Kartika Chandra Jakarta. Ketiga mahasiswa tersebut berhasil meraih 3 medali untuk tiga kategori, yaitu medali emas kategori Biologi oleh Yoanes Maria Vianney mahasiswa Fakultas Teknobiologi angkatan 2013, medali perak kategori Kimia oleh Denny Gunawan mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Kimia angkatan 2013, dan medali perunggu kategori Biologi oleh Calvin Wijaya Johan mahasiswa Fakultas Teknobiologi angkatan 2014.

ON MIPA tingkat nasional tahun 2016 diikuti oleh 78 perguruan tinggi yang mengikutsertakan 256 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang sebelumnya di jaring dari wilayah masing-masing. Setelah lolos dalam tahap seleksi universitas, peserta akan melalui seleksi kopertis pada setiap provinsi dimana setiap universitas mengirim maksimal 7 orang pada setiap cabangnya. Untuk Ubaya sendiri masuk dalam Kopertis VII yang seleksinya diadakan di Malang dan dari 28 mahasiswa Ubaya yang diutus untuk masing-masing bidang hanya 7 mahasiswa saja yang berhasil lolos ke seleksi Nasional. Lalu kemudian akan dipilih 64 peserta untuk masuk ke tahap Seleksi Nasional.

Tim Ubaya berhasil lolos dalam ketiga tahap tersebut  dengan persiapan kurang lebih 1 bulan, yang akhirnya mampu membawa pulang medali emas dan perak untuk cabang Biologi serta medali perunggu untuk cabang Kimia. Pada tahap final yang diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra Jakarta, tim Ubaya melawan 64 peserta untuk masing-masing bidang yang berasal dari seluruh Universitas Negeri dan Swasta di Surabaya. Setiap peserta melakukan ujian tertulis dalam bentuk esai yang bersifat analytical problem solving pada bidang matematika, fisika, kimia dan biologi. Penilian dilakukan berdasarkan skor uraian tertinggi.

“Saya sangat bersyukur akhirnya kerja keras tim kami terbayarkan dengan membawa 3 medali yang dapat membanggakan Ubaya. Selain itu, saya juga mampu meraih nilai tertinggi khusus di cabang biologi. Kami berharap Ubaya tetap bisa mengirimkan perwakilannya tahun depan dan dapat mempertahakan prestasi ini,” ujar Yoanes Maria Vianney, di sela-sela acara konferensi pers, di Kampus II Ubaya Tenggilis Jl Raya Kalirungkut Surabaya, Selasa (21/6/2016.

Aloysius Yuli Widianto, S.T., M.Sc., selaku dosen pembimbing berharap olimpiade ini diadakan kembali tahun depan, supaya Ubaya dapat mengirim mahasiswa-mahasiswanya dan mampu membawa pulang medali emas untuk setiap cabangnya. (ro)

Teks foto: Calvin Wijaya Johan, Yoanes Maria Vianney dan Denny Gunawan.