Tumbuh Kembang Anak Harus Didukung Konsumsi Produk Hewani dan Nabati

Kepala Dinas Peternakan Prov Jatim Ir. Maskur, MM Memberikan Cinderamata Kepada Peserta Anak Anak Marching Band  Dalam Acara Parade Senja Di Grahadi SurabayaSurabaya, KabarGress.com – Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur Ir. Maskur, MM mengatakan bahwa seorang anak agar menjadi anak yang sehat, cerdas, pintar dan mempunyai postur tubuh yang ideal, sejak dini harus dibiasakan mengkonsumsi produk hewani dan produk nabati, seperti telor, susu, daging, sayuran dan buah-buahan. Hal tersebut disampaikannya saat menjadi Inspektur Upacara Parade Surya Senja Penurunan Bendera Merah Putih, di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (17/6).

“Anak yang tidak dibiasakan mengkonsumsi produk hewani dan nabati sejak dini dimungkinkan tumbuh kembangnya kurang sehat, kurang cerdas. Bahkan pada usia lima puluh tahun keatas, dia tidak akan survive,” jelasnya.

Makanya sekarang ada istilah jelang lima puluh tahun (JELITA) jelasnya lebih lanjut. Apabila didukung dengan makanan yang bersumber dari produk hewani dan nabati sejak dini , maka dia bisa lolos hingga menjadi LOLITA (Lolos Lima Puluh Tahun). “Seperti saya ini, Alhamdulilah sudah Lolita,” ungkapnya. Hal tersebut dapat tercapai karena dukungan makan, juga selalu berpikiran ikhlas, berpikiran positip.

Oleh karena itu menurutnya, agar seorang anak tumbuh kembangnya bagus selain mengkonsumsi produk hewani dan nabati, juga harus diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan sesuai dengan kemampuannya.

“Insya Allah, apabila Indonesia terus meningkatkan standar nilai gizi yang harus dikonsumsi widyakarya, daya beli masyarakat meningkat dan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan bergizi meningkat, maka akan tumbuh generasi yang kuat,” pungkasnya.

Parade Senja ditandai dengan acara puncak penurunan bendera merah putih, merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur setiap bulan pada tanggal 17 dilaksanakan di Halaman Gedung Negara Grahadi.

Acara tersebut digelar bertujuan mengajak para generasi muda untuk memahami makna bendera merah putih sebagai identitas negara yang harus dihormati, dijunjung, dan dihargai dimanapun dia berada, cinta NKRI. Selain itu mengajarkan anak sejak dini untuk berdisiplin, kerjasama, mengasah olah tubuh, olah irama dan mengetahui budaya bangsa.

Gelar Drum band merupakan salah satu acara yang selalu ditampilkan sebelum acara puncak penurunan bendera merah putih. Dilakukan oleh generasi muda mulai dari tingkat TK (Taman Kanak-Kanak, SD, SMP sampai tingkat SMA).

Dipilihnya Drum Band sebagai salah satu pengisi acara karena Drum band merupakan sebuah wadah untuk membentuk sikap, mental, kepribadian, dan karakter guna mempersiapkan generasi muda yang terampil, cakap, mandiri.

Atau dengan kata yang lain, kegiatan drum band dapat dijadikan sebagai awal pembinaan disiplin dan karakter.

PDBI (Persatuan Drum Band Indonesia) sebagai wadah Tim Drum Band, terus berupaya mengembangkan drumband, karena ini merupakan harmonisasi olahraga dan seni yang dapat berfungsi sebagai mediator untuk menumbuhkan nilai-nilai pribadi yang utuh bagi seseorang, yaitu disiplin, jujur.sportif, dayajuang dan aspek sosial.

Diharapkan Parade Senja dapat sebagai wadah untuk memberikan kegiatan kepada generasi muda dan membina generasi penerus untuk ikut berpartisipasi aktif dalam penanggulangan kenakalan remaja dan pemberantasan narkoba.

Adapun personil upacara adalah sebagai Komandan Upacara Khoirul Umam (Resimen Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya). Penurun Bendera dari SMA Hang Tuah 5 andi Sidoarjo. Sedangkang atraksi Drum Band antara lain Drum Band Polisi Cilik TK Kemala Bhayangkara 3 Surabaya, Drum Band Symfoni Bintang Tk.Aisyiyah Bustanul Athfal Surabaya, Drum Band Gita Adhyaksa Tk. Adhyaksa III Jl. Manyar Kertoarjo Surabaya.

Selain itu ada pula Drum Band Gita Kencana Surabaya SDN Pacarkeling V/186 Surabaya, Tari “Sumilak Ing Pedut Kayangan” SDN Negeri Petemon X/358 Surabaya dan Drum Band “Giteksanda” SMK Tekstil Pandaan.

Untuk peserta upacara dari Korps Musik Satpol PP. Prov. Jatim, 1 Kompi SMA Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo, 1 Kompi SMP PGRI 6 Surabaya, 2 Peleton Gerakan Pramuka Gugus Depan 2360 -2361 SMK Barunawati, 2 Peleton Drum Band Gita Kencana Surabaya, 2 Peleton Drum Band Giteksanda SMK Tekstil Pandaan. (hery)

Leave a Reply


*