31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Siswa Kirim Pesan Ramadhan untuk Pesepak Bola Muslim di Piala Eropa 2016

* Pondok Ramadhan SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya

Siswa Kirim Pesan Ramadhan untuk Pesepak Bola Muslim di Piala Eropa 2016Surabaya, KabarGRESS.com – Gelaran Piala Eropa atau Euro 2016 (10 Juni – 10 Juli 2016) bertepatan dengan bulan suci Ramadhan. Momen puasa tentunya bakal jadi tantangan tersendiri bagi para pemain yang akan membela negaranya selama di Francis.

Dari 24 negara kontestan, ada banyak pemain yang memeluk agama Islam. Tim-tim yang mempunyai materi pemain muslim tak hanya didominasi negara yang memang mayoritas penduduknya muslim. Jerman dan Francis yang bukan negara berpenduduk mayoritas muslim mempunyai skuad yang hanyak diisi oleh pemain-pemain muslim.

Di Bulan Ramadhan, pemain muslim mungkin saja mempunyai kendala fisik jika tetap melanjutkan puasa. Pemain muslim itu lebih banyak yang meninggalkan puasa untuk diganti pada hari lain. Apalagi, berpuasa di Francis pada saat ini lama waktunya mencapai 19 jam atau terpanjang dalam 33 tahun terakhir.

Guna menyemangati perjuangan para pesepak bola muslim di Piala Eropa 2016, siswa-siswi SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya memberikan pesan tertulis pada selembar banner berukuran 1,5 x 4 m. Selanjutnya pesan itu mereka posting dan kirimkan ke media social pemain idola mereka. Kegiatan ini dilakukan siswa di sela-sela melaksanakan pondok ramadhan (Darul Arqom) selama 3 hari, 13-15 Juni 2016 di sekolah, mulai pagi hingga sholat Tarawih.

Menurut Encik Hendarsyah, kegiatan ini bertujuan agar para siswa lebih tahu tentang Islam. Kedua, supaya para siswa memaknai lebih dalam arti silaturrahim. “Karena saat ini yang namanya silaturrahim kan sudah lebih moderen. Bisa langsung, juga bisa melalui gadget dan sosial media,” jelas pengajar Seni dan Budaya ini.

Berikut pemain muslim yang tampil di Piala Eropa 2016:

Albania (5 pemain): Amir Rrahmani (bek- RNK Split), Elseid Hysaj (bek – Napoli), Naser Aliji (bek – Basel),Taulant Xhaka (gelandang – Basel), Armando Sadiku (Striker – Vaduz)

Austria (1 Pemain): Ramazan Ozcan (Kiper – lngolstadt).

Belgia (2 pemain): Mousa Dembele (gelandang –Tottenham), Marouane Fellaini (gelandang – Manchester United).

Prancis (5 Pemain): Bacary Sagna (bek – Manchester City), Adil Rami (bek – Sevilla), Paul Labile Pogba (gelandang – Juventus), N’Golo Kante (gelandang – Leicester), Moussa Sissoko (gelandang – Newcastle).

Jerman (4 pemain): Emre Can (bek – Liverpool), Shkodran Mustafi (bek – Valencia), Sami Khedira (gelandang – Juventus), Mesut Ozil (gelandang – Arsenal).

Italia (1 pemain): Stephan El Shaarawy (gelandang – Roma).

Swedia (1 Pemain): Erkan Zengin (gelandang – Trabzonspor).

Swiss (6 pemain): Valon Behrami (gelandang – Watford), Granit Xhaka (gelandang – Arsenal), Xherdan Shaqiri (gelandang – Stoke), Haris Seferovic (Striker – Eintracht Frankfurt), Admir Mehmedi (Striker – Bayer Leverkusen), Shani Tarashaj (Striker – Everton).

Turki (8 Pemain): Harun Tekin (Kiper – Bursaspor), Ahmet Calik (bek – Genclerbirligi), Ismail Koybasi (bek – Besiktas), Hakan Calhanoglu (gelandang – Bayern Leverkusen), Nuri Sahin (gelandang – Borussia Dortmund), Arda Turan (gelandang – Barcelona), Oguzhan Ozyakup (gelandang – Besiktas), Yunus Malli (Striker – Mainz).

Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2016, yang biasa dikenal sebagai UEFA Euro 2016 atau Euro 2016, akan menjadi Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA ke-15, dalam kompetisi sepak bola pria dunia yang diselenggarakan oleh UEFA setiap empat tahun sekali.

Untuk pertama kalinya, turnamen final pada Kejuaraan Eropa akan diperebutkan oleh 24 tim yang telah diperluas dari susunan 16 tim 51 sejak tahun1996. Dengan ketentuan baru ini, setiap tim akan dibagi menjadi 6 grup berbeda, yang diikuti oleh sistem gugur termasuk babak tiga besar dan final. (ro)