31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Kondisi Surplus, Pasokan Listrik Selama Ramadhan dan Lebaran Aman

PLNSurabaya, KabarGRESS.com – Memasuki hari pertama Ramadhan tahun 2016, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur memastikan pasokan listrik di Jawa Timur selama Ramadhan dan Lebaran dipastikan aman tidak terjadi kendala yang cukup berarti. Jaminan ketersediaan listrik di Jawa Timur tersebut, sebagai upaya PLN memberikan pelayanan pelanggan yang melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1437 H.Manager Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, G. Wisnu Yulianto, mengatakan PLN telah mengondisikan pasokan listrik selama bulan suci Ramadhan dan Lebaran bagi pelanggan di Jawa Timur dengan kondisi aman. “Aliran listrik selama ramadhan dan lebaran kami pastikan aman, hal ini guna memberikan rasa nyaman kepada pelanggan yang sedang menjalankan ibadah puasa,” ujarnya, kepada awak media, di Teras Info PLN Dist. Jatim, Senin (6/6/2016).

Ia menjelaskan, umumnya di bulan puasa beban puncak pada siang hari tidak terlalu tinggi dan masih di kisaran 4.700 MW. Sedangkan, daya tampung PLN terhadap surplus listrik Jawa Timur mencapai 8.600 MW. Surplus listrik ini yang menjaga pasokan listrik selama Ramadhan hingga Lebaran.

Ditambahkan, kecukupan ketersediaan listrik saat Ramadhan dan Lebaran di Jawa Timur akan dipasok dari sumber listrik/pembangkit listrik di Probolinggo, Tuban, Gresik dan Pacitan. Wisnu juga berharap, surplus pasokan listrik di Jawa Timur tersebut ikut membuka peluang usaha dan perekonomian bagi industri di Jawa Timur. “Kami memang berharap, Jawa Timur bisa menjadi katalisator pembangunan ekonomi di daerah lain. Ini akan menjadi angin segar bagi para pelaku industri yang ingin berinvestasi di Jawa Timur,” kata Wisnu.

Wisnu mengungkapkan, saat ini jumlah pelanggan listrik di Jatim sudah mencapai 10,2 juta pelanggan. Untuk target tahun ini, PLN Distribusi Jawa Timur berencana menambah jumlah pelanggan baru. “Kami menarget, hingga akhir tahun ini ada tambahan sekitar 500 ribu pelanggan,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jatim, Pinto Raharjo, menambahkan setiap tahun menjelang Ramadhan dan Lebaran PLN Distribusi Jatim mengandalkan optimalisasi gardu induk (GI) untuk melancarkan distribusi energi listrik ke seluruh pelanggan PLN di Jatim. “Kami akan mengoptimalkan jaringan listrik yang menyuplai ke masjid maupun mushalla,” tandasnya.

Bagaimana jika terjadi pemadaman saat Ramadhan? Pinto meyakinkan, PLN langsung sigap dan tanggap menerjunkan petugas PLN. Petugas-petugas yang diturunkan tersebut akan cepat mengatasi dan memperbaiki aliran listrik yang padam. “Sehingga, tidak sampai menggangu pelanggan, terutama jelang adzan maghrib dan makan sahur,” pungkas Pinto. (ro)