11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Tampil Cantik dengan Tas dan Sepatu Etnik Afrika

Surabaya, KabarGRESS.com – Mahasiswa Jurusan Fashion and Produk Life Style Fakultas Industri Kreatif Ubaya angkatan 2012 membuat tas handmade dengan mengusung tema Tribe of Rhululu. Rani Mandashari membuat  empat produk khusus wanita, yaitu dua sepatu dan dua tas dengan tampilan Africa Modern yang lebih trendi dan fresh.Produk tersebut dibuat sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Lifestyle Product Design Project II. Produk ini dipublikasi di Selasar Fakultas Hukum Universitas Surabaya, Kampus II Ubaya, Jl. Raya Kalirungkut Surabaya, Kamis (2/6/2016).

“Ide pembuatan produk ini terinspirasi dari masyarakat Afrika terutama wanita Afrika. Ceritanya dulu ada leluhur wanita Afrika yang bernama Rhululu, dia adalah wanita yang anggun, kuat, dan  suka menari. Dalam kisah Rhululu, dijelaskan bahwa masyarakat Afrika memiliki tradisi mengecat tubuhnya dengan motif tribal dan juga menggunakan turban pada bagian kepala. Semakin banyak motif tribal dan semakin tinggi turban menandakan semakin tinggi derajat seseorang.  Saya akhirnya tertarikuntuk menggabungkan Rhululu dan Tribal dalam produk saya, dengan harapan agar seseorang yang menggunakan produk saya dapat terlihat anggun dan kuat,” ujar wanita kelahiran Surabaya.

Pada tas dilengkapi dengan 2 jenis, yaitu tas jinjing berukuran 30 cm dan tas tangan kecil berbentuk bulat berukuran 20 cm. Untuk sepatu juga tersedia dalam 2 jenis, yaitu heels (9 cm) dan flat shoes (40 cm). Proses pembuatan 4 produk ini dilakukan selama 4 minggu dengan menghabiskan biaya sebesar Rp1.500.000. Tas dan sepatu ini mengkombinasikan antara warna hitam, merah, biru, hijau, kuning, dan putih dengan motif tribal yang di bordir. Sangat anggun dan menarik untuk dipakai.

Selain desainnya yang unik, empat produk ini dibuat dengan bahan berkualitas. Saat digunakan akan terlihat elegan dan untuk sepatu sangat ringan ketika dipakai, sehingga cocok untuk pengguna yang suka jalan-jalan tapi tetap terlihat fashionable. “Saya berharap agar produk saya dapat dinikmati oleh masyarakat luas dan tentunya saya dapat membuat lebih banyak produk dengan tema yang berbeda. Satu lagi yang paling pentingketika ingin tampil menarik, percaya diri adalah hal yang utama. Sehingga apapun yang kita pakai akan terlihat elegan,” ungkap mahasiswi yang dibimbing oleh Hany Mustikasari, S.Sn.

“Untuk motif sudah baik hanya perlu lebih di eksplore sehingga produk Rani bisa di diterima di masyarakat pecinta etnik dan diproduksi masal”, ungkapHany Mustikasari, S.Sn. (ro)