Performance Art by Youth

Performance Art by YouthSurabaya, KabarGRESS.com – Budaya adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Budaya atau culture bisa dikatakan sebagai sebuah rutinitas yang membangun kehidupan manusia. Menyadari akan pentingnya sebuah budaya ini, Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya) mengusung tema Culture Revolution untuk acara tahunan mereka yang bernama ‘Party’, di Area Outdoor Marvell City, Jl. Raya Ngagel No 123 Surabaya. Minggu, 29 Mei 2016.

Culture Revolution memiliki maksud karya seni tradisional Indonesia yang diubah agar sesuai kontennya dengan anak-anak muda. Ada dua buah karya seni yang dibuat, Art Shadow dan Art Light. Art Shadow merupakan seni instalasi kinetik. Karya seni berukuran 3 meter ini mengusung konsep wayang yang menceritakan tentang kota Surabaya. Tak hanya bisa membentuk bayangan di layar, Art Shadow juga bisa bergerak berputar.

“Ya, karya seni ini memang butuh waktu yang cukup lama untuk membuatnya terutama dalam mematangkan konsepnya. Dengan Art Shadow ini kami ingin mengubah image wayang yang biasanya dianggap sangat tradisional menjadi lebih kekinian. Jadi Art Shadow berbentuk kotak dengan ukuran 1m x 1m x 1,5m yang nantinya akan ditutup dengan tirai berukuran 3m x 3m x 3m,” ujar Florentina Tiffany, selaku pembuat Art Shadow.

Kerangka dari Art Shadow terbuat dari bahan besi pipa kotak dengan tambahan spons eva warna hitam yang digunting dan dibentuk sesuai dengan jalan cerita yang telah ditentukan. Kemudian setelah dijadikan menjadi satu, Art Shadow diputar menggunakan motor listrik yang disambungkan dengan belt ke gear box.

Berkebalikan dengan Art Shadow, pada Art Light yang dinikmati adalah cahaya dari lampion yang berpendar. Pada lampion-lampion ini terdapat cerita rakyat dan ornamen khas Indonesia yang dibuat dalam bentuk doodle. Art light akan dibuat dalam jumlah yang cukup banyak dan menyebar di seluruh venue.

“Selain mengisi dengan acara-acara yang bersifat pameran dan talkshow, kami juga memamerkan karya-karya mahasiswa, fashion show, dan mengadakan lomba doodling untuk anak SMA. Selain itu, kami juga mengundang Keenan Pearce sebagai bintang tamu dalam acara talkshow yang membahas mengenai creative enterpreneur dan branding,” ungkap  Prayogo Widyastoto Waluyo, S.Pd., M.Sn. selaku dosen pembimbing Party. (ro)

Leave a Reply


*