11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Lesbumi Surabaya Beri Penghargaan Seniman Lokal

Surabaya, KabarGress.Com – Dalam rangka memberikan apresiasi terhadap seni dan kebudayaan asli dari Kota Surabaya, Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) NU Kota Surabaya memberikan “ Penghargaan Sapta Wikrama” untuk para seniman Surabaya diantaranya kepada Cak Kartolo dan Ida Lailia serta mengadakan pagelaran berbagai seni di Gedung Balai Pemuda Surabaya, Senin 30 Mei 2016 malam pukul 18.00 WIB.

Ketua Lesbumi NU Kota Surabaya M Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa  kegiatan tersebut untuk mewujudkan kepedulian terhadap kesenian asli Surabaya. Karena beberapa Kesenian dan Kebudayaan tersebut sebagian masih eksis dan hanya segelintir orang dan komunitas yang merawat dan melestarikannya.

Menurutnya kehadiran Lesbumi selain dalam rangka berdakwah melalui kesenian dan kebudayaan, Lesbumi hadir untuk merawat dan melestarikan tradisi kesenian dan kebudayaan Nusantara khususnya di Surabaya.Untuk itu dalam acara tersebut Lesbumi juga akan menampilkan pagelaran seni modern dan dan kesenian khas daerah,” Pada siang hari akan ada pagelaran musik modern dan malam akan ada kentrung dan kidungan, pencak jidor serta penghargaan untuk seniman ludruk

Ia menambahkan era modern digital menjadi tantangan nilai-nilai keluhuran budaya nusantara, ini menjadi tanggungjawab Lesbumi  Melalui Lembaga Kesenian dan Kebudayaan milik NU ini, daharapkan mampu mempertahankan, melestarikan dan mengkolaborasi kesenian.

“Kebudayaan tradisional menjadi suguhan yang mempunyai daya tarik bagi seluruh kalangan. Lesbumi diharapkan menggali kembali kesenian dan kebudayaan tradisional, Lesbumi harus menghargai dan mengapresiasi karya seni dan budaya untuk menjadi motivasi generasi muda dimasa-masa yang akan datang,” pungkasnya. (tur)