11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Film Sundul Gan; The Story of KasKus Putar Perdana 2 Juni 2016

IMG_20160524_120305-800x600Surabaya, KabarGRESS.com – Dunia perfilman tanah air bakal meriah lagi menyusul kehadiran film berjudul Sundul Gan The Story of KasKus dan akan diputar perdana pada 2 Juni 2016. Film ini disutradarai, diperankan dan diproduseri generasi muda Indonesia, disampaikan dalam bahasa anak muda dan dipenuhi dengan elemen efek visual, diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk tidak pernah berhenti bermimpi dan selalu bekerja keras dengan semangat tinggi untuk mencapai cita-cita mereka.

“Kami menghadirkan Film adaptasi kisah nyata dua anak muda Indonesia yang sukses membangun situs forum komunitas terbesar di Indonesia dengan cara yang ringan,” ungkap Sutradara Film “Sundul Gan”, Naya Anindita, di Novotel Surabaya, Selasa (24/5/2016).

KasKus sendiri merupakan salah satu situs forum yang paling besar dan dikenal banyak orang Indonesia. Situs yang merupakan jejaring forum online tertua di Indonesia ini dibuat pada 1999 di Seattle, Amerika serikat. KasKus yang merupakan kependekan Kasak Kusuk awalnya dibuat sebagai wadah bagi mahasiswa/mahasiswi yang belajar di luar negeri, namun ternyata situs ini berubah menjadi salah satu situs forum online terbesar, bukan hanya di Indonesia, namun juga di dunia.

Naya berharap dengan adanya film ini, generasi muda di Indonesia termotivasi serta terinspirasi untuk bangkit dan maju bersama. “Film ini merupakan film panjang pertama yang saya garap. Proses syutingnya selama 2 bulan. Kalau mulai awal ide sampai selesai memakan waktu 2 tahun,” terangnya.

Film yang bertajuk “Sundul Gan” ini merupakan film yang bercerita mengenai kisah perjalanan Ken Dean Lawadinata dan Andrew Darwis dalam membangun KasKus. Pemeran utama film ini, Dion Wiyoko dan Albert Halim sebagai Ken dan Andrew (Mimin).

Sundul Gan: The Story of KasKus merupakan film yang akan menceritakan kisah perjalanan pendiri KasKus dari awal dibuat, hingga sampai seperti sekarang ini. Selain ini film Sundul Gan juga akan mengisahkan berbagai masalah yang dihadapi oleh para pendirinya, yaitu Ken (Dion Wiyoko) dan Andrew (Albert Halim).

Film ini bermula saat Andrew membuat sebuah situs KasKus saat masih berkuliah di Seattle, Amerika Serikat. Andrew berinisiatif untuk membuat situs tersebut sebagai forum bagi mahasiswa Indonesia yang sedang melakukan study di luar negeri. Hal itu dilakukan Andrew agar para mahasiswa Indonesia tetap dapat mengikuti perkembangan yang sedang terjadi di Tanah Air. Selain itu juga, Andrew mendapatkan tugas dari dosennya untuk membuat suatu aplikasi dari sebuah software gratisan.

Suatu saat, Ken menyadari bahwa Andrew lah yang membuat forum diskusi KasKus tersebut. Ken yang saat itu meilhat potensi KasKus yang bisa menjadi sangat besar langsung mengajak Andrew untuk bekerjasama. Ken bertugas untuk mencari Investor dan mengembangkan bisnisnya, sedangkan Andrew melakukan hal yang bersentuhan dengan IT.

Singkat kata kembalilah mereka ke Tanah Air untuk menjadikan mimpinya menjadi kenyataan. Namun membangun startup company tidaklah semudah yang mereka bayangkan, apalagi kala itu perusahaan yang berbasis teknologi Internet seperti KasKus, masih belum se-booming seperti saat ini. Tanpa menyerah, mereka bersama-sama saling bahu-membahu mengembangkan KasKus.

Saat KasKus mulai berjaya, masalah-masalah lainpun bermunculan. Ken yang sedang sibuk mencari Investor, masih harus disibukkan pula dengan rencana pernikahan dirinya. Andrew yang kesal sempat ingin hengkang dan mencari partner lain. Selain itu pula, KasKus memiliki masalah konten yang mereka tampilkan di dalamnya.

Konten Pornografi kala itu menjadi salah satu konten yang paling banyak dikunjungi di KasKus. Perbedaan pendapat yang kerap terjadi juga membuat pertemanan mereka makin merenggang dan membuat nasib KasKus di ujung tanduk. Belum lagi serangan sabotase yang sempat membuat situs KasKus down, sehingga Investor potensial sempat ragu untuk menanam modal.

Lalu, bagaimana kelanjutan cerita para pendiri Kaskus yang mampu bertahan sampai sekarang ini? Jangan lewati film Sundul Gan: The Story Of kaskus yang akan rilis 2 Juni 2016 ini. (ro)