11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

CCTV Pintar Memecahkan Tantangan Pengawasan Kota

* Hikvision memperkuat kemitraan dengan solusi produk keamanan terbaru

Hikvision 1Jakarta, KabarGRESS.com – Peningkatan urbanisasi yang sangat cepat di kota metropolitan seperti Jakarta menimbulkan berbagai masalah baru seperti kemacetan lalu lintas, keamanan, hingga ancaman terorisme. Rasio antara jumlah aparat keamanan dengan jumlah penduduk tidak sebanding. Kurangnya pengawasan akhirnya memicu tumbuhnya praktek suap terhadap aparat penegak hukum karena sistem kontrol yang tidak mumpuni.

Jawaban atas pengendalian kejahatan selalu bermuara pada memasang ribuan dan jutaan kamera CCTV di mana-mana. Sebuah pasar CCTV yang berkembangpun muncul, posting visual akan 'Daerah ini di bawah pengawasan video' bertindak sebagai pencegah kejahatan, dalam banyak kasus review rekaman video telah membantu menekan tingkat kejahatan. Namun sayangnya kegunaan CCTV baru dirasakan manfaatnya setelah kejadian perkara, dan hal ini hanya untuk kejahatan berat.

Hari ini Hikvision, penyedia solusi keamanan yang sejak tahun 2008 memasarkan produk-produknya untuk pasar Indonesia, meluncurkan 3 produk kunci CCTV yaitu CCTV untuk mengatasi masalah lalu lintas dan membantu upaya penegakan hukum, Biometrik/Video Pengawasan Pengenalan Wajah dan Drone.

 

CCTV untuk Lalu Lintas dan Penegakan Hukum

Fitur pada kamera dapat menyimpan poin data untuk memantau semua antrian lalu lintas di seluruh penjuru kota secara real-time, dimana saja dan kapan saja. Data yang terekam pada kamera juga dapat memberitahukan polisi untuk melihat daerah tertentu jika terjadi penumpukan antrian lalu lintas yang disebabkan oleh kecelakaan, misalnya. Fitur yang tersedia juga dapat memperbesar, menggeser fokus ke obyek yang ditargetkan, mengambil gambar seperti menangkap informasi plat mobil yang parkir di zona bebas parkir, mobil yang dikemudikan di jalur Trans Jakarta, pelanggaran lampu merah dan lainnya.

Hal ini tentu dapat membantu seorang polisi memantau lalu lintas pada sebuah persimpangan yang padat di jam sibuk. Dengan fitur yang terdapat di CCTV Hikvision, polisi tidak perlu bolak balik mengubah pengaturan rambu lalu lintas secara manual. Karena semua informasi yang terekam dapat langsung dikirim ke server pemantauan pusat.

 

Biometrik/Video Pengawasan Pengenalan Wajah

Dengan kamera beresolusi tinggi dapat dilakukan pengenalan wajah secara lebih jelas, terutama karena kamera Hikvision dirancang untuk mengidentifikasi subjek di seputar tempat-tempat ramai seperti bandara, metro, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, stadion olahraga, dan pusat kota secara simultan.

Jika pengguna kamera memiliki database untuk teroris atau daftar hitam orang, maka sistem pada CCTV Hikvision akan terus mencari selama 24 jam dan memberikan alarm jika ditemukan target langsung ke ruang kontrol, atau dapat divisualisasikan pada perangkat mobile dari jauh (Android atau Apple).

 

Drone

UAV (kendaraan udara tak berawak) pertama kali diluncurkan Hikvision tahun ini, dengan memberikan 30 kali zoom optik dan gambar yang stabil selama penerbangan. Dengan waktu penerbangan lebih dari 35-40 menit, pesawat tak berawak Hikvision dapat naik ke kecepatan 80 km/jam dan radius operasional hingga 10 km dan 3 km langit-langit.

UAV Hikvision dapat diterapkan untuk pengawasan udara dan patroli keamanan publik, transportasi, dan bidang-bidang energi. Contoh penggunaan: Jika terdapat serangan teroris di beberapa daerah, maka ruang kontrol darurat dapat menerbangkan drone sesegera mungkin sebagai tindakan pertama, untuk melihat situasi dan dapat menjadi live-view bagi aparat berwenang.

“Hikvision akan memperkuat jalinan kerjasama dengan mitra lokal terutama dengan diluncurkannya tiga produk andalan kami untuk market Indonesia,” Kata Michael Chen, Sales Manager Hikvision. “Untuk mendekatkan Hikvision dengan mitranya di Indonesia, tahun 2016 ini Hikvision bekerjasama dengan distibutornya PT. Prima Inovasi Teknologi membuka kantor pelayanan purna jual yang akan mendukung mitra lokal serta pengguna akhir produk Hikvision jika menemui kendala teknis.” Lanjutnya lagi.

“Komitmen Hikvision untuk memperkuat kemitraan dengan menghadirkan solusi pintar untuk keamanan, dapat turut mengembangkan pasar CCTV di Indonesia,” kata Hendra Gunawan, Sales Director PT Prima Inovasi Teknologi.

 

Kontribusi Pengamanan untuk Area Publik

Keberadaan CCTV Hikvision juga dibutuhkan di area publik seperti rumah ibadah. Hikvision juga turut memberikan kontribusi berupa peralatan CCTV pintar, kamera dan perangkat komputer untuk mesjid Istiqlal di Jakarta Pusat.

Di luar Indonesia, Hikvision juga telah memiliki pengalaman dalam merancang sebuah sistem Video IP yang terintegrasi dengan menginstal dan mengelola lebih dari 100.000 IP CAMERA di Singapura untuk meningkatkan keamanan di kota. (ro)

Teks foto: Sales Manager Hikvision Indonesia Iman Firdaus (kiri) dan Sales Director PT Prima Inovasi Teknologi  Hendra Gunawan (kanan), Regional Manager Hikvision Steven wang (kedua dari kiri) dan Sales Manager Hikvision Michael Chen (kedua dari kanan) menunjukkan pesawat tak berawak (drone) UAV Hikvision.