31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Inisiatif #GREEN24 dari AirAsia: Membersihkan Pantai dan Merawat Terumbu Karang di Pattaya, Thailand

  • Grup AirAsia didukung oleh Dewan Kota Pattaya dan Project AWARE menggelar inisiatif #GREEN24 dengan aktivitas membersihkan pantai dan merawat terumbu karang pada 7 Mei 2016 di Pantai Pattaya dan Pulau Koh Sak.
  • Lebih dari 800 relawan mengambil bagian dalam aktivitas yang bertujuan untuk melestarikan keanegaraman biota laut dan mewujudkan lingkungan yang lebih bersih.

AirAsia- Membersihkan Pantai dan Merawat Terumbu Karang di Pattaya, ThailandPattaya, KabarGress.com – Grup AirAsia dan AirAsia X kembali memperkuat komitmen akan kesadaran terhadap perubahan iklim melalui inisiatif #GREEN24, dengan melakukan aktivitas membersihkan pantai dan merawat terumbu karang di Pattaya, Thailand pada 7 Mei 2016.

Aktivitas tersebut didukung oleh Dewan Kota Pattaya dan Project AWARE, sebuah organisasi non-profit internasional yang didirikan oleh PADI (Asosiasi Instruktur Penyelam Profesional), yang berfokus pada perlindungan laut dan bekerja secara aktif untuk mengatasi isu-isu terkait kondisi lautan melalui jaringan global para penyelam.

Total 50 penyelam staf AirAsia yang menjadi relawan menuju Pulau Koh Sak yang terletak sekitar 23 km dari Pattaya. Mereka melakukan penyelaman Dive Against DebrisTM, yakni mengumpulkan berbagai sampah lautan yang membahayakan terumbu karang, di titik penyelaman Pulau Koh Sak. Seluruh sampah lautan yang terkumpul kemudian didata dan dipublikasikan dalam situs web Project AWARE, sebagai bagian dari inisiatif untuk mendukung kebijakan dan pengelolaan lautan yang dapat memberikan kontribusi dalam upaya pencegahan sampah bawah laut.

AirAsia- Membersihkan Pantai dan Merawat Terumbu Karang di Pattaya, Thailand 1Sekitar lebih dari 800 relawan dari AirAsia dan komunitas lokal Pattaya bergotong-royong membersihkan area utara dan selatan Pantai Pattaya pada pagi hari tanggal 7 Mei 2016.

Aireen Omar, Chief Executive Officer AirAsia Berhad, mengungkapkan, “Gerakan #GREEN24 diluncurkan sebagai upaya dalam skala regional untuk meningkatkan kesadaran terhadap efek perubahan iklim. Kami secara aktif telah merancang berbagai program untuk turut mengedukasi masyarakat mengenai efek perubahan iklim. Upaya membersihkan pantai dan merawat terumbu karang ini merupakan salah satu bentuk tindakan yang kami lakukan untuk menjangkau berbagai komunitas yang kami layani di kawasan ini, sebagai bentuk panggilan bagi semua orang untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan untuk masa depan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan Kota Pattaya yang mendukung visi ini, dan kepada Project AWARE yang bekerja bersama AirAsia.”

Lebih lanjut, Aireen Omar mengungkapkan, “AirAsia senantiasa berusaha untuk mengurangi emisi lewat berbagai upaya selama bertahun-tahun. Berbagai investasi yang diperlukan telah kami lakukan untuk meluncurkan proyek internal yang telah dirancang, diuji, dan diimplementasikan dengan sukses. Kebijakan yang berkelanjutan ini senantiasa kami pantau dan evaluasi terus menerus. Kami bangga dapat menyampaikan bahwa program efisiensi bahan bakar yang AirAsia terapkan telah membantu mengurangi 22.062 ton emisi karbon dioksida pada tahun 2015.”

“Salah satu masalah terbesar terkait kondisi laut saat ini adalah sampah lautan. Program Project AWARE Dive Against DebrisTM yang berlangsung selama satu tahun, merupakan inisiatif global untuk meningkatkan usaha pembersihan sampah lautan, perlindungan biota laut, dengan target perubahan jangka panjang,” ujar Tiffany Leite, Director of Global Operations Project AWARE.

“Penyelam dibekali pelatihan khusus serta keahlian untuk membersihkan dan mendokumentasikan sampah yang ditemukan di bawah laut. Project AWARE dengan senang hati melakukan Dive Against DebrisTM bersama relawan penyelam AirAsia dalam kegiatan ini. Kami mengucapkan terima kasih atas komitmen AirAsia untuk laut yang bersih dan indah.

Sejak dimulainya kampanye #Green24 pada bulan November 2015 sampai dengan saat ini, Grup AirAsia dan AirAsia X telah mengadakan lebih dari 40 aktivitas regional yang bertujuan untuk menghemat energi, meningkatkan kesadaran mengenai bahaya perubahan iklim di kawasan, dan membangun komunitas peduli lingkungan yang berkelanjutan. Untuk informasi lebih lanjut terkait gerakan #GREEN24, dapat dilihat pada www.airasia.com/GREEN24. (ro)