Project Inspire Mengajak Para Wirausahawan Sosial untuk Mengatasi Masalah Keamanan dan Keselamatan pada Wanita dan Anak Perempuan di Asia Pasifik

Jakarta, KabarGress.com – Bersamaan dengan penyelenggaran, Singapore Committee for UN Women dan MasterCard yang ke-enam kali nya, Project Inspire: 5 Menit untuk Mengubah Dunia (Project Inspire: 5 Minutes to Change the World) diluncurkan. Dengan lebih dari 2.100 ide yang terkumpul dari 109 negara di seluruh dunia, Project Inspire kini telah menjadi salah satu inisiatif yang telah memperoleh banyak penghargaan (multi-award winning) serta merupakan salah satu program CSR terkemuka di kawasan Asia Pasifik. Tahun ini Project Inspire kembali bekerja sama dengan mitra-mitra jangka panjang yang memiliki komitmen terhadap pemberdayaan wanita dan wira usaha sosial yakni mitra di bidang ilmu pengetahuan INSEAD: The Business School for the World dan mitra strategis Bain & Company.

Diluncurkan pertama kalinya pada tahun 2011 untuk merayakan ulang tahun Hari Perempuan Internasional yang ke-100 serta ulang tahun MasterCard di Asia Pasifik yang ke 25, “Project Inspire: 5 minutes to change the world” merupakan sebuah program global yang diikuti oleh peserta dengan usia 18-35 tahun melalui sebuah platform berdurasi 5 menit untuk menunjukkan ide-ide yang dapat memberi inspirasi kepada dunia. Dengan tawaran hadiah utama (Grand Prize) senilai US$25.000 guna mewujudkan ide-ide mereka menjadi kenyataan, Project Inspire 2016 mengajak para wirausahawan sosial di seluruh dunia untuk menyampaikan ide-ide mereka untuk mengubah dunia bagi para wanita dan anak perempuan melalui aspek keselamatan dan keamanan. Para peserta akan diminta mempertunjukkan bagaimana mereka akan memberdayakan wanita dan anak perempuan melalui keselamatan dan keamanan di seluruh sektor seperti kesehatan, inklusi keuangan, tata (design) perkotaan, pendidikan dan lainnya di seluruh Asia dan Pasifik. Pada tahun lalu, Indonesia berhasil menjadi salah satu finalis Project Inspire 2015 dengan judul “Integrating Economic Empowerment into Cultural Preservation”.

“Berkat kerja sama yang erat dengan MasterCard, Project Inspire secara langsung telah mendukung 16 wirausahawan dari 9 negara untuk memberikan dampak positif kepada ribuan orang. Kami memiliki komunitas online aktif yang terdiri atas lebih dari 90.000 pembuat perubahan (change-makers) serta alumni Project Inspire yang telah memenangkan berbagai penghargaan global lain, menarik dana dengan jumlah yang signifikan serta mendapatkan pengakuan global. Mereka kini telah berhasil menjadi politisi atau pemimpin dengan pengaruh yang besar dan senantiasa memberikan dampak positif terhadap lingkungannya. Kami merasa bangga kepada para alumni Project Inspire dan akan terus mendukung kegiatan para wirausahawan untuk memberdayakan wanita dan anak-anak perempuan. Merupakan suatu kegembiraan tersendiri bagi kami untuk dapat memberikan kesempatan kembali tahun ini, dan kami telah siap untuk menyambut para peserta dari para wirausahawan sosial yang akan bergabung dengan kami tahun ini,” ujar Triana Liang-Lin, President, Singapore Comittee for UN Women.

Georgette Tan, Group Head, Communications, Asia Pasifik, MasterCard, menambahkan, “Di berbagai belahan dunia ini, keselamatan dan keamanan para perempuan sering diabaikan. Indeks terbaru dari MasterCard mengenai Kesejahteraan (MasterCard Index of Well-Being) menemukan bahwa perempuan di sebagian besar negara berkembang dan negara maju di wilayah Asia merasa sangat rentan terhadap ancaman kejahatan dan kekerasan, yang mengingatkan kembali kepada salah satu dari manifestasi ekstrim terhadap diskriminasi dan ketidaksetaraan gender. Melalui kerja sama dengan Singapore Committee for UN Women, kami berusaha untuk mendorong wira usaha muda sosial saat ini untuk mengatasi masalah terkait yang dihadapi para wanita dan anak-anak perempuan baik di rumah, tempat kerja, sekolah, maupun tempat-tempat umum. Project Inspire memperkuat keyakinan MasterCard bahwa pemberdayaan perempuan memiliki dampak terbesar pada kesejahteraan masyarakat.”

Dalam program ini, para pendaftar harus mengirimkan video berdurasi lima menit untuk menjelaskan bagaimana uang sebesar US$25.000 dapat diberdayakan untuk meningkatkan kehidupan wanita dan/atau anak-anak perempuan. Kompetisi ini telah dibuka, dan pengiriman dapat dilakukan melalui website Project Inspire (www.projinspire.com).

Batas akhir pengiriman jatuh pada hari Jumat, 1 Juli 2016. Project Inspire akan memilih 20 semi-finalis untuk melanjutkan ke tahap pengumpulan dana (crowd-funding) pada kompetisi ini. Dari para semi-finalis tersebut, para finalis akan dipilih untuk menghadiri Grand Final di Singapura di mana mereka akan mempresentasikan ide inspiratif mereka di hadapan para juri. Semi-finalis yang tidak terpilih tetap memiliki kesempatan untuk memenangkan sebuah tiket wild-card untuk mempresentasikan ide mereka pada Grand Final di Singapura dengan mengumpulkan jumlah pendukung paling banyak selama tahap pengumpulan dana. Para pemenang akan diputuskan oleh para juri dan akan diumumkan dalam sebuah acara di Singapura pada bulan November 2016. (ro)

Leave a Reply


*