11/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Surabaya Memory, Persembahan UK Petra dalam HUT Surabaya

Surabaya, KabarGress.com – Surabaya. Kota yang berdiri sejak 723 tahun yang lalu itu sarat dengan historis, inilah yang menginspirasi untuk turut berkontribusi dalam perayaan HUT Surabaya. Sebagai bentuk persembahan untuk kota tercinta, Perpustakaan Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar Surabaya Memory selama lima hari berturut-turut tepatnya pada tanggal 4-8 Mei 2016 di Grand City Mall Surabaya, Jalan Gubeng Pojok-Surabaya.

“Surabaya Memory yang diluncurkan sejak tahun 2001 tersebut merupakan sebuah inisiatif yang didedikasikan bagi perekaman dan pelestarian pusaka (heritage) kota Surabaya. Bertujuan menumbuhkan kepedulian masyarakat akan pelestarian pusaka kota Surabaya melalui media maya (online) dan media fisik (onsite)”, ungkap Dian Wulandari, S.I.I.P. selaku Kepala Perpustakaan UK Petra Surabaya.

Terinspirasi perjuangan Kartini sebagai pelopor untuk suatu kemajuan peran perempuan terutama di Indonesia, maka Surabaya Memory 2016 kali ini mengangkat tema “Perempuan Surabaya: Jejak Karyanya bagi Keluarga dan Masyarakat”.

Acara akan diawali dengan pameran Surabaya Memory dengan menampilkan kurang lebih 60 karya foto Surabaya Tempo Dulu serta Potret Kebangkitan Bangsa, Foto tokoh Perempuan masa lalu dan masa kini, karya seni berupa lukisan oleh seniman perempuan Surabaya, poster makanan tradisional, karya puisi tentang perempuan, dan karya dosen beserta mahasiswa UK Petra dari Program Studi Arsitektur, Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Interior, Ilmu Komunikasi.

Acara Opening Surabaya Memory 2016 akan menampilkan beragam kesenian khas Surabaya dengan kreasi kekinian, persembahan SMKN 12 Surabaya, yaitu Teater Tradisional dengan judul Dewi Sangkrah dan Gamelan Gaul. Tak lupa, tarian Remo akan dipersembahkan oleh Komunitas Remo Anak-anak dan ada pula performance dari siswa-siswi sekolah di Surabaya. Sedangkan closing akan dimeriahkan oleh Group Band Siswa SMP serta performance para peraih Juara 1 dari lomba yang diadakan dalam rangka Surabaya Memory 2016 ini.

Selama lima hari berturut-turut akan dimeriahkan juga dengan berbagai kegiatan diantaranya Sosialisasi Makanan Tradisional yang Sehat dengan Game Board JELITRA mulai pukul 13.00-14.45 WIB (4/5), Talk show Memaknai Hidup mulai pukul 15.00-17.00 WIB (4/5). Di hari kedua (5/5), Workshop Membuat Alat Peraga Edukatif (topeng fabel) akan dimulai pada pukul 13.00-15.00 WIB, demo make up dan masih banyak lainnya. (ro)