Pemprop Jatim Janji Percepat Proses Pengesahan Raperda tentang Pengupahan

Wakil Gubernur Jawa Timur Memperinganti May Day, Bersama Ribuan Buruh di depan  Kantor  Pemprov Jatim Jalan  Pahlawan SurabayaSurabaya, KabarGress.com – Pemerintah Propinsi Jawa Timur berjanji mempercepat proses pengesahan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pengupahan. Namun, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, menegaskan raperda itu masih dalam pembahasan di DPRD Jatim.

Gus Ipul mengakui Pemprov Jatim mengakomodasi semua usulan buruh, termasuk sistem pengupahan dan perlindungan. Namun apa daya, DPRD masih mendalami usulan tersebut. “Yang jelas DPRD Jatim sudah setuju dan siap mengesahkan raperda itu,” tandas Gus Ipul, saat menemui ribuan buruh di depan Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan, Surabaya, Minggu (1/5/2016).

Gus Ipul menyampaikan itu di depan buruh yang berunjuk rasa di peringatan Hari Buruh atau May Day. Bukan hanya Surabaya, buruh juga berdatangan dari sejumlah daerah, misalnya Sidoarjo dan Gresik.

Selain pengupahan, DPRD Jatim juga masih membahas raperda perlindungan buruh. Sedianya, DPRD hendak menjadikan momen May Day untuk mengesahkan raperda itu sebagai kado buat butuh. Namun anggota Komisi E DPRD Jatim Badrud Tamam mengakui dewan masih mendalami raperda agar hasilnya sesuai dengan harapan buruh. (ro)

Leave a Reply


*