31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

UPN Gandeng LSP Unitomo Tingkatkan SDM

Rektor UPN, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto MP, dan Rektor Unitomo, Dr Bachrul Amiq usai penandatangan MoUSurabaya, KabarGress.com – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) menggandeng Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Unitomo untuk sertifikasi lulusannya. Penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding atau MoU), oleh Rektor UPN, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto MP, dan Rektor Unitomo, Dr Bachrul Amiq, bertempat di kampus Unitomo, Rabu (27/4/2016). Seperti diketahui, LSP Unitomo sudah berdiri sejak 2015.

Dikatakan Rektor Unitomo, Dr Bachrul Amiq, Unitomo menyediakan LSP dan UPN membantu menyediakan tenaga ahli sebagai asesor, juga mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan sertifikasi profesi di LSP. “Sertifikasi tersebut dapat membantu meningkatkan kompetensi mahasiswa dan lulusan dalam dunia kerja dan menghadapi MEA,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UPN, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto MP, kerjasama ini sangat penting untuk kemajuan perguruan tinggi dan mahasiswa serta lulusannya. “UPN memperbanyak kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga untuk mencapai tujuan nasional yaitu perguruan tinggi yang baik,” tandasnya.

Menurutnya, di negara-negara Asean, perguruan tinggi sudah melakukan sertifikasi profesi untuk mempersiapkan lulusannya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Kita termasuk terlambat karena belum bergerak untuk melengkapi ijazah dan transkrip lulusan dengan sertifikat kompetensi,” tuturnya. (ro)