31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Pocari Sweat Run 2016 Hadir Pertama di Surabaya

* Atlet Nasional Pemenang Medali emas SEA Games 2015 , Agus Prayugo Turut Ambil Bagian

Wakil Gubernur Jawa Timur sebelum memlepas lomba Lari 10 K Pocari Sweat Menyampaikan Penggarahan pada para peserta agar menjaga StaminaSurabaya, KabarGress.com – Setelah sukses dengan dua edisi sebelumnya di Jakarta dan berhasil dinobatkan menjadi “The Best 5K and 10K race in Indonesia 2015” versi Runhood online Magazine, tahun ini POCARI SWEAT Run hadir kembali di tiga kota besar di Indonesia yaitu Medan (3 April), Surabaya (24 April) dan Jakarta (22 Mei). Sebanyak 2.500 slot dari kategori 5K & 10K habis terjual pada tahun pertama penyelenggaraan POCARI SWEAT Run di Surabaya. Salah satu atlet Nasional pemenang medali emas SEA GAMES kategori 10K tahun 2015, Agus Prayogo juga ikut berpartisipasi sebagai pelari di POCARI SWEAT RUN 2016.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengapresiasi ide terselenggaranya Pocari Sweat Run ini. “Kami bangga acara berstandar Internasional seperti ini bisa diselenggarakan di Jawa Timur. Kegiatan ini dapat menjadi ajang kompetisi yang positif bagi masyarakat sekaligus diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk mulai berolahraga” kata Saefullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur.

Dengan kembali mengusung tema #SAFERUNNING POCARI SWEAT RUN mengajak pelari di Indonesia untuk melakukan olahraga lari secara benar untuk mendapatkan hasil yang optimal. “Ini adalah bentuk komitmen dari POCARI SWEAT untuk terus memberikan edukasi akan pentingnya pemahaman dan penerapan #SAFERUNNING kepada para pelari di Indonesia, mulai dari persiapan, program latihan, nutrisi dan sampai dengan pengetahuan mengenai pencegahan cedera saat berlari” kata Daniel Pieter, Head Of Marketing POCARI SWEAT

Berbagai persiapan dan penerapan #SAFERUNNING diberlakukan dalam ajang POCARI SWEAT RUN Surabaya 2016 ini, seperti rute yang terstandarisasi, kesiapan tenaga medis serta penyediaan hydration point untuk kategori 5K dan 10K. Penyediaan hydration point merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah perlombaan lari karena hidrasi yang tepat merupakan salah satu kunci untuk performa lebih baik bagi para atlet olahraga. Karena itulah POCARI SWEAT menyediakan 6 hydration point yang tersebar setiap 1,5 km untuk memastikan pelari dapat terhidrasi dengan baik dalam setiap jarak rata – rata 15 – 20 menit.

Berbagai dampak bisa muncul jika pelari mengalami dehidrasi mulai dari kelelahan, penurunan performa, kejang otot, sengatan panas, hingga pingsan. Dehidrasi yang ekstrim bahkan dapat menyebabkan kematian mendadak. Untuk menghindari hal tersebut, penting untuk menggantikan ION tubuh yang hilang ketika berolahraga.

“Setiap 2% cairan tubuh yang hilang dapat menurunkan kekuatan otot dimana hal tersebut mempengaruhi performa tubuh ketika berolahraga. Untuk itu minum juga harus diprogram baik sebelum, sesaat dan sesudah berlari untuk mencegah dehidrasi pada tubuh”, kata Matias Ibo, Pocari Sweat Sport Science Expert.

Untuk memenuhi semua kebutuhan para pelari, POCARI SWEAT juga meluncurkan sebuah aplikasi yang dinamai SWEATGENERATION. Aplikasi yang tersedia di Google Play Store & Apps store ini dapat membantu para pelari menemukan semua informasi detail perlombaan lari di Indonesia seperti rute lomba, lokasi toilet, lokasi medis, jadwal acara dan bantuan GPS menuju lokasi. Tak hanya itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur seperti running tracker dan program latihan mingguan. Diharapkan dengan hadirnya aplikasi ini dapat membantu pelari sebelum dan saat hari lomba tiba.

Pocari Sweat Run Surabaya 2016 didukung oleh Adidas, Maybank, Garmin, Gold’s Gym, National Hospital Surabaya diharapkan memberikan pengalaman lomba lari kompetitif bagi masyarakat Surabaya. (ro)