12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

SAP Luncurkan Platform Real-Time Untuk Layanan Banking Modern

* Pilihan tepat dalam mewujudkan pengalaman banking digital bagi para pelanggan

Jakarta, KabarGress.com – SAP SE (NYSE: SAP) hari ini mengumumkan ketersediaan umum produk baru untuk membantu bank-bank mendigitalisasi bisnis inti mereka dan menyatukan semua proses transaksi dan analitis kepada satu platform tunggal.

Layanan perbankan 9.0 memungkinkan bank untuk bertransformasi ke arah model bisnis real-time dan sepenuhnya digital serta menggabungkan fungsi-fungsi yang sebelumnya terpecah antara satudan lainnya.

Selagi bank menghadapi gangguan digital dari para pendatang baru, maka semakin penting bagi mereka untuk memiliki data live dan akurat yang memiliki kemampuan untuk mendukung pengambilan keputusan yang cerdas dan tepat. Rilis 9.0 dari layanan banking tersebut menggunakan platform SAP HANA untuk membantu bank-bank menggabungkan data stream, melakukan analisis real-time dan menciptakan produk-produk baru yang lebih baik disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Siklus inovasi yang lebih cepat memungkinkan bank untuk mengembangkan produk baru dalam hitungan hari dan bukan bulan, menghasilkan peningkatan kepuasan pelanggan dan layanan yang lebih inovatif.

“Dengan tuntutan yang semakin meningkat untuk menjalankan organisasi mereka lebih efisien, mencapai inovasi produk baru yang lebih cepat dan memberikan layanan yang lebih personal kepada pelanggan, bank membutuhkan tulang punggung teknologi baru yang dapat mendukung semua tugas-tugas ini secara bersamaan,” kata Falk Rieker, kepala global unit bisnis perbankan, SAP. “Layanan perbankan 9.0 menciptakan sebuah inti digital, menyatukan seluruh siklus hidup perbankan dan pengaturan bank untuk menjadi lebih lincah dalam proses transformasi bisnis mereka. Bank kini dapat melampaui proses transaksi tradisional dan mendorong proses digitalisasi secara keseluruhan berdasarkan pada satu sumber informasi dari perencanaan dan pelaksanaan hingga prediksi dan analisis, semua secara real-time, memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.”

Dibangun pada platform SAP HANA, layanan perbankan 9.0 dapat mengukur skala untuk memenuhi tuntutan tertinggi dari lingkungan ber-volume besar sementara menghilangkan redundansi data dan memungkinkan analisis langsung untuk setiap pengguna bisnis. Rilis baru ini memungkinkan bank untuk mengambil tindakan berdasarkan wawasan dari yang sudah ada sebelumnya dan data baru, terlepas dari mana data tersebut disimpan.

“Sebuah pandangan yang komprehensif dari digital – meliputi pengalaman pelanggan, analisis, otomatisasi, dan real-time – adalah penting bagi bank yang serius dalam meningkatkan pendapatan mereka, mengurangi biaya dasar mereka dan mengurangi profil risiko mereka,” kata Daniel Latimore, wakil presiden senior perbankan, Celent. “Beberapa mampu melakukan tugas ini pada hari ini sendirian. Bekerja dengan mitra yang tepat kini menjadi lebih penting daripada sebelumnya.”

Rilis layanan perbankan 9.0 ini memberikan fondasi digital secara real-time bagi bank untuk:

· Mendapatkan informasi lengkap mengenai masing-masing pelanggan

· Memberikan proses pealayanan yang terotomatisasi, fleksibel, dan efisien atas sejumlah jenis produk

· Membentuk katalog produk tunggal yang disederhanakan, memungkinkan waktu yang lebih singkat untuk memasarkan produk dan paket yang dapat dikonfigurasi

· Menciptakan rangkaian penawaran produk inovatif dengan model penentuan harga yang fleksibel berdasarkan hubungan (relationship)

· Melakukan analisis yang komprehensif untuk mendukung penawaran-penawaran yang terfokus pada pelanggan dan berbasis pada konteks

· Menyatukan solusi risiko dan keuangan, termasuk akuntansi untuk instrumen keuangan (accounting for financial instruments – AFI), analisis profitabilitas, manajemen resiko kredit dan likuiditas pada sebuah platform tunggal

· Mematuhi standar peraturan, termasuk Komite Basel pada Supervisi Banking (Basel Committee on Banking Supervision – BCBS) 239 dan Standar Pelaporan Keuangan Internasional (International Financial Reporting Standard – IFRS) 9

· Menyederhanakan proses perencanaan dan pelaporan dengan interface pengguna (user interface) yang intuitif

· Mengurangi total biaya kepemilikan dengan manajemen siklus hidup yang telah ditingkatkan

· Mengurangi total biaya implementasi dengan AFI cerdas yang berjalan pada SAP HANA untuk menyederhanakan proses akunting, mengurangi volume data dan mempercepat proses bisnis

Layanan perbankan 9.0 dapat dioperasikan dalam lingkungan cloud layaknya SAP HANA Enterprise Cloud untuk menyediakan bank sebuah transisi yang mulus ke cloud.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai SAP HANA, kunjungi https://www.s4hana.com dan dapatkan laporan rekomendasi skenario bisnis pribadi Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi SAP News Center. Ikuti SAP di Twitter pada akun @sapnews. (ro)