12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

XL Serius Kembangkan Ekosistem IoT

* Incar 200 Ribu Pelanggan Baru di 2016

VP Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani (kanan) bersama Head of Internet of Things XL, Arifa Febrianty dalam acara pemaparan mengenai bisnis IoT oleh XLSurabaya, KabarGress.com – PT XL Axiata Tbk (XL) semakin serius mengembangkan bisnis Internet of Thing (IoT) di 2016 ini,dengan lebih fokus mengembangkan ekosistem untuk layanan IoT. Ekosistem di sini merujuk pada kemampuan menciptakan solusi atas kebutuhan industri dan masyarakat dengan jalan menggabungkan berbagai ragam perangkat yang ada di sekitar kita. Dengan terobosan ini, XL menargetkan setidaknya akan mampu menambah 200 ribu pelanggan IoT yang baru, hingga akhir tahun nanti.

Vice President Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani, mengatakan, kemajuan teknologi digital yang sangat pesat menjadi tantangan bagi XL untuk terus mengembangkan bisnis IoT yang mampu memberikan solusi bagi semua kalangan. Layanan IoT kini muncul sebagai solusi yang menjadi trend di hampir semua sektor bisnis.

“IoT telah menggabungkan dunia fisik dengan dunia digital, yang selanjutnya menawarkan sejumlah peluang dan tantangan baru bagi kalangan bisnis, pemerintahan, dan juga konsumen perorangan.” terangnya.

Dan untuk mencapai target meraih sekitar 200 ribu pelanggan baru untuk layanan IoT di tahun 2016 ini, XL sudah menyiapkan “senjata”, dengan berusaha selalu selangkah lebih maju dibandingkan pelaku bisnis lainnya.

“Ketika mereka masih berfokus dengan komunikasi device to device (M2M), kami sudah mengembangkan lagi ekosistem dengan menyiapkan single platform yang sudah dilengkapi dengan Aplikasi, device, network, yang di butuhkan oleh pelanggan,” lanjut Rafael.

Dalam implementasinya, ada beberapa layanan yang sudah dipersiapkan guna menghadapi tahun 2016. Pertama, Yubox. Solusi ini menawarkan kemampuan dalam menyediakan koneksi internet wifi plus konten hiburan berupa musik, video, games, serta aplikasi yang dapat diakses atau diunduh secara gratis (sedang di uji coba pada sarana transportasi umum kereta api, bus, serta armada “GrabCar” dari Grab Indonesia).

Kedua, Savvy Smarthome, sebuah solusi yang menghadirkan kenyamanan dan keamanan pada rumah tinggal. Dengan mengandalkan sensor-sensor yang terintegrasi dengan aplikasi digital, sehingga memudahkan kita untuk memantau keadaan rumah.

Selanjutnya, ada juga solusi Smartcity. Solusi berupa platform yang akan menawarkan kemudahan bagi  pemerintah daerah dan warganya untuk bisa mempermudah akses informasi seputar kebijakan pemerintah setempat mengenai berbagai sektor, kondisi kota, layanan publik, termasuk juga upaya menggalang partisipasi publik dalam proses pembangunan daerah.

Terakhir, layanan Agnosthings. Yaitu berupa platform yang menyediakan semua kebutuhan pelanggan (e2e solution), dimana melalui solusi ini, pelanggan atau masyarakat akan bisa mengetahui informasi seputar kota, seperti antara lain lokasi rumah sakit terdekat, kantor polisi, halte bus, stasiun kereta, dan juga kantor layanan publik, semacam kantor pajak, layanan listrik dan air.

XL juga akan terus mengembangkan pasar dengan menyasar ke sektor industri yang baru. XL akan masuk ke sektor logistic, transportasi, utility, finansial, smart cities, layanan publik, manufaktur, dan supply chain. Pasar pelanggan sektor retail juga akan semakin dikembangkan mulai kuartal ketiga.

“Kami berharap, tahun ini pendapatan dari IoT bisa tumbuh 2 kali dari tahun sebelumnya,” terang Rafael.

Sementara itu, dari sisi teknologi yang diterapkan untuk IoT, XL akan terus memaksimalkan pemanfaatan layanan internet cepat 4G LTE, termasuk menyediakan solusi bagi pelanggan di berbagai daerah di Indonesia.

“Saat ini layanan IoT XL didukung pula dengan tersedianya infrastruktur jaringan fiber optic sepanjang lebih dari 40 ribu km, yang menghubungkan berbagai pulau di Indonesia serta lebih dari 58 ribu BTS 2G/3G/4G (Base Transceiver Station),” pungkas Rafael. (ro)

VP Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani (kanan) bersama Head of Internet of Things XL, Arifa Febrianty dalam acara pemaparan mengenai bisnis IoT oleh XL