12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Tablet Penurun Kolesterol dari Apel Hijau

Claudio Dasmer menunjukkan Tablet Salut Enterik Penurun Kolesterol berbahan dasar Apel Hijau lokalSurabaya, KabarGress.com – Kolesterol merupakan lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh yang sebenarnya dibutuhkan untuk pembentukkan dinding sel dan sebagai bahan baku beberapa hormon. Namun apabila kadar kolesterol dalam darah berlebihan, maka hal tersebut dapat menyebabkan penyakit diantaranya adalah jantung koroner, stroke, serta aterosklerosis.

Berbekal harapan untuk membantu mengurangi angka penderita penyakit yang ditimbulkan akibat kadar kolesterol yang tinggi, Claudio Dassmer, mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menciptakan sebuah inovasi baru. Inovasi tersebut adalah obat anti kolesterol dengan bahan dasar apel hijau lokal yang jumlahnya melimpah di Indonesia. “Secara penelitian, kandungan yang ada di dalam buah apel mampu menurunkan kadar kolesterol secara segnifikan,” ujar mahasiswa yang sempat menjadi asisten dosen pada beberapa pratikum di Fakultasnya ini.

Florentina Yola menunjukkan krim pelembab ciptaannya yang diberi nama D Oribella (artinya cantik alami)Dalam pembuatan obat penurun kolesterol ciptaannya, Claudio menyiapkan bahan-bahan dasar pembuat tablet salut diantaranya kalsium fosfat dibasik dihidrat, Ac-Di-Sol, Talk, PVP K-30, Magnesium Stearat, Eudragit L-100, gliserol. Setelah bahan-bahan tersebut didapat, Claudio memulai dengan melakukan ekstraksi pada buah apel untuk menarik senyawa aktif. Ekstraksi yang dilakukan terhadap buah apel tersebut menggunakan metode juicer. Melalui proses tersebut akan didapatkan ekstrak cair buah apel yang kemudian akan dikeringkan dengan maltodextrin. Tahap akhir dari proses terebut adalah melakukan formulasi pada ekstrak kering menjadi tablet salut enterik.

Pada penelitian kali ini, Claudio dibantu oleh Farida Lanawati Darsono, S.Si., M.Sc. dan Sumi Wijaya, Ph.D., Apt. sebagai dosen pembimbingnya. Keterbatasan terpaksa membuat penelitian ini hanya sampai pada mengoptimasi formula tablet salut enterik ekstrak buah apel. “Ada harapan besar agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum di masa depan,” ujar mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi baik fakultas (Student Chapter dan Science Club-Debate Club) maupun universitas (UKM dan BPMU).

Claudio yang sekarang sedang magang di PT. Pertiwi Agung (Landson), Bekasi ini akan melanjutkan kuliah di program profesi apoteker. Ia bercita-cita lulus dari profesi apoteker dengan predikat cum laude dan berharap memperoleh pekerjaan yang mapan dibidang industri farmasi. (ro)

Teks foto:

  • Claudio Dasmer menunjukkan Tablet Salut Enterik Penurun Kolesterol berbahan dasar Apel Hijau lokal.
  • Florentina Yola menunjukkan krim pelembab ciptaannya yang diberi nama D’ Oribella (artinya cantik alami).