31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

SD Muhammadiyah 4 Pucang Sabet Juara I Kompetisi Robo Cup Singapore Open

IMG_20160405_104512-800x600Surabaya, KabarGress.com – Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya membuka peluang untuk berlaga dalam lomba Robotika tingkat dunia yang diselenggarakan di Jerman pada Juni hingga Juli mendatang.

Peluang tersebut diraih SD Muhammadiyah 4 Pucang menyusul sukses dalam mengikuti Kompetisi Robo Cup Singapore Open.

“SD Muhammadiyah 4 meraih juara I kompetisi Robo Cup di Singapura,” terang Hendik Setyawan penanggungjawab Robotika, Selasa (5/4/2016).

Prestasi yang diwujudkan siswa kelas VI SD Muhammadiyah 4 Pucang tersebut tak lepas dari peran anak didiknya yang telah berani tampil di tingkat Asia.

“Predikat juara I dalam kategori Rescue Prima diberikan ketiga siswa, yakni Firman Fathoni (6B), Alwansyah Muhammad (6B) dan Gatra Reyhansyah (6B),” jelasĀ Hendik.

Di ajang kompetisi Robo Cup di Singapura diikuti sebanyak 16 negara, diantaranya dari China, Korea Selatan, Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia. Namun, Indonesia yang merupakan terbaik dalam ajang kompetisi tersebut.

“Indonesia yang menjadi juara I akan mewakili tingkat Asia untuk tampil ke tingkat dunia,” timpal Hendik.

Ditambahkan, dalam waktu dekat ini siswanya akan berhak mengikuti kompetisi Robo Cup di tingkat dunia.

“SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya akan mewakili kompetisi Robo Cup kelas yunior di tingkat dunia yang akan diselenggarakan di Leipzig negara Jerman pada Juni hingga Juli,” jelasnya.

Hendik berharap dalam kompetisi tingkat dunia ajang lomba Robo Cup akan menjadi kesuksesan bagi SD Muhammadiyah 4 Pucang untuk meraih yang terbaik. “Target di Jerman nanti menjadi yang terbaikĀ buat anak-anak,” pungkasnya.

Pada kompetisi Robo Cup di Singapura, ada beberapa kategori, mulai peserta dari sekolah dasar hingga mahasiswa. Dan untuk lomba tingkat dunia nanti akan lebih banyak kategori karena mulai siswa sekolah dasar hingga profesor. (ro)