15/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Kemajuan Pariwisata Indonesia melalui Resor Terintegrasi di Bintan Lagoon Resort

* Membuka Wawasan Pada Potensi Wisata Pulau Bintan

Surabaya, KabarGress.com – Asia Pasifik patut berbangga karena meraih peningkatan sebanyak empat persen pada industri pariwisata. Menurut Iembaga riset ‘Phocuswright‘, industri perjalanan pariwisata di kawasan Asia Pasifik terus tumbuh karena banyak masyarakat kalangan ekonomi menengah melakukan perjalanan wisata saat musim liburan. Resorpun memberikan kontribusi yang cukup signifikan dengan menyempurnakan berbagai fasilitas dan pelayanan untuk menjamu tamu dari berbagai belahan dunia di tempat-tempat wisata.

Tak terkecuali Kepulauan Riau yang merupakan salah satu wilayah Indonesia yang belum terekspos secara maksimal potensi wisatanya. Padahal menurut Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, seperti halnya pulau-pulau wisata Iain di Indonesia, seperti Bali dan Lombok, Kepulauan Riau memiliki potensi pariwisata yang sangat bagus karena memenuhi semua kriteria 3A untuk sebuah destinasi wisata, yaitu Attractiveness (daya tarik), Ammenities (fasilitas pendukung/akomodasi), dan Access (akses). Salah satu pulau cantik yang disebut-sebut sebagai surga tropis di Kepulauan Riau adaIah Bintan yang berkembang pesat dengan industri resornya. Tahun Ialu, tercatat adanya peningkatan pengunjung sebesar 15,7S% dari tahun 2014.

Bintan Lagoon Resort (BLR) adaIah salah satu resor di Kawasan Wisata Lagoi di Bintan Utara yang memiliki fasilitas paling Iengkap dan terintegrasi. BLR telah berdiri sejak 1996 dan pada 2006 diakuisisi oleh Moe Ibrahim yang sekaligus menjabat sebagai Presiden Direktur. Sepanjang 2015, BLR telah melakukan banyak pengembangan positif dari berbagai aspek, sehingga menuai banyak prestasi pada industri resor di Indonesia. Baru-baru ini, Moe Ibrahim meraih penghargaan Executive of the Year di ajang Singapore Business Review Management Excellence Awards (MEA) untuk kategori Resor, yang dapat membuka kesempatan besar bagi BLR untuk mencapai Iebih banyak prestasi ke depannya.

Menurut data pengunjung, tamu yang datang ke BLR banyak berasal dari Singapura, China, Korea, Indonesia dan India. Lebih dari 85 persen tamu adaIah FIT (Free Independent Traveler) dan 15 persen tamu dari grup perusahaan dengan jumlah total angka 137.825 di tahun 2015. Moe Ibrahim, Presiden Direktur BLR menjelaskan, ”Scot ini kami ingin Iebih mendekatkan diri kepada pasar Indonesia untuk memperkenalkan berbagai fasilitas yang ada di BLR yang mendukung kegiatan bersama keluarga, pasangan ataupun pertemuan perusahaan. Destinasi ini sangat cocok untuk bersantai karena Iokasinya yang jauh dari kemacetan dan kebisingan kota.”

Moe Ibrahim menambahkan, ”Pulau Bintan memiliki potensi wisata aIam yang didukung oleh sejarah dan kebudayaan Indonesia, maka di sinilah BLR berada untuk menyediakan pelayanan hospitaliti bagi para pengunjung. Tahun ini kami banyak melakukan renovasi, meningkatkan fasilitas dan kegiatan interaktif untuk memenuhi kebutuhan pengunjung dan membangun ikatan dengan para pengunjung, sehingga mereka memiiiki pengalaman yang menyenangkan dan meninggalkan kesan mendalam selama menginap dan selalu ingin kembali mengunjung Bintan Lagoon Resort.”

Saat ini Bintan juga sedang merampungkan lapangan udara internasional yang akan diresmikan tahun 2016 sehingga akan semakin menambah kenyamanan perjalanan anda menuju Bintan. Bagi masyarakat Surabaya kunjungan ke Bintan dapat dicapai dengan beberapa cara, yaitu langsung menuju Bintan (Iangsung maupun transit Jakarta), meIaIui Batam yang dilanjutkan dengan kapal ferry ke pelabuhan ferry Pulau Bintan, atau meIalui Singapura yang dilanjutkan dengan kapal ferry menuju pelabuhan privat BLR.

Sesampainya di BLR, anda dapat memilih mang bermalam dari 470 kamar, suites dan villa yang ada. Demi memenuhi selera kuliner anda, BLR memberikan 12 pilihan fasilitas F&B yang beragam, dari hidangan internasional, Indonesia, ltalia dan Jepang. Terdapat juga bermacam-macam fasilitas rekreasi yang dapat mengisi waktu kunjungan anda di BLR.

Selain bersantai di pantai privat BLR sepanjang 1,5 kilometer, ada 50 macam olahraga air dan aktivitas darat yang seru dan menarik untuk dicoba, seperti ATV, jet ski, banana boat, kayaking, snorkeling, diving, surving, body boarding, golf, tenis, basket, panahan, billiard, bersepeda, karaoke, power house gym, dan lain-lain.

Bagi anda pecinta golf pastinya akan jatuh cinta dengan dua lapangan 18-hole yang masing-masing dirancang oleh pemain golf terkemuka, Jack Nicklaus dan lan Baker-Finch. Kedua lapangan golf dengan nuansa tepi pantai dan nuansa hutan ini rutin dimanfaatkan untuk menggelar beberapa kejuaraan golf dan telah memiliki komunitas tersendiri, yaitu Bintan Lagoon Golf Club.

Bagi orangtua yang berlibur membawa anak balita tidak perlu khawatir karena BLR memiliki fasilitas Baby Day Care, sehingga dapat menitipkan anak-anak dengan pengasuh yang memfasilitasi anak-anak dengan kegiatan yang menarik. Fasilitas terbaru yang akan memberikan kesan lebih bagi anak-anak adalah arena Jungle Gym.

Untuk memberikan pelayanan bagi para tamu yang membutuhkan ruang pertemuan, baik untuk acara perusahaan, pameran, konferensi, atau pun pernikahan, BLR memiliki Great Hall, sebuah ruang pertemuan premium terbesar di pulau Bintan yang telah dibuka sejak Pebruari 2013. Great Hall dengan luas total 6.096 meter persegi memiliki tiga lantai dengan konsep yang berbeda di setiap lantainya yang memungkinkan pengguna untuk memilih sesuai dengan konsep acara yang mereka miliki. Lantai dasar merupakan ruangan pre-function dengan konsep semi-outdoor, sementara lantai dua adalah sebuah ruang pertemuan berbentuk studio dengan kapasitas hingga 1.300 orang yang dilengkapi dengan teras dan foyer yang luas, dan pada lantai ketiga dapat kita gunakan sebagai ruang pertemuan dengan konsep outdoor.

Keindahan lansekap BLR juga acap kali membuat pasangan yang akan menikah menetapkan lokasi pernikahan mereka di BLR, terutama memanfaatkan area Hole-12 di Jack Nicklaus Seaview Course yang menghadapkan pandangan anda langsung ke laut China Selatan. Konsep pernikahan outdoor lain yang dapat dipilih adalah reseps di tepi pantai privat BLR, tepi kolam renang ataupun dengan memilih area yang lebih privat di salah satu villa. Tak hanya memberikan pilihan lokasi yang mempesona, BLR juga memiliki tim perencana pernikahan yang handal dan siap membantu anda beserta pasangan dari awal hingga selesai acara, sehingga anda tak perlu stres dan acara pun berjalan dengan lancar.

‘Kami berharap dengan adanya berbagai pengembangan fasilitas di BLR dan juga peningkatan pembangunan di pulau Bintan, kami tidak hanya sekedar menjadi destinasi rekreasi bagi para pengunjung, tetapi juga dapat turut memajukan industri pariwisata Indonesia di Bintan ke depannya.” Tutup Moe Ibrahim. (ro)