12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Mensos Khofifah Indar Parawansa Kunjungi Pondok Kasih Sukolilo

Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa, bersama Ketua Yayasan Pondok Kasih, Hana Amalia Vandayani AnandaSurabaya, KabarGress.com – Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa, berkesempatan mengunjungi Pondok Kasih di Jl Medokan Keputih 29, Medokan Semampir, Sukolilo, Surabaya 60119, Jawa Timur, Minggu (3/4/2016). Rombongan Mensos diterima langsung Ketua Yayasan Pondok Kasih, Hana Amalia Vandayani Ananda, beserta jajarannya.

Anak-anak penghuni Pondok Kasih menyambutnya dengan sukacita. Beberapa lagu dilantunkan anak-anak diantaranya berjudul Kasih Ibu. Juga penampilan grup musik angklung, menambah suasana meriah. Tampak rombongan Mensos tertegun melihat kecakapan anak asuh Pondok Kasih tersebut.

Pada kesempatan itu, Mensos Khofifah meminta kepada masing-masing kabupaten/kota untuk segera memiliki “safe house” yang digunakan untuk menampung anak-anak korban eksploitasi. “Dengan adanya ‘safe house’ atau juga tempat transit tersebut, maka anak-anak bisa mendapatkan pelayanan dengan maksimal,” terangnya.

Seni musik Angklung dimainkan anak asuhan Pondok KasihDikemukakan, tempat-tempat penampungan anak seperti di Pondok Kasih ini perlu diketahui oleh para pemangku kepentingan seperti dinas sosial atau juga petugas kepolisian. “Supaya anak-anak yang tereksploitasi yang tersisir di jalanan oleh petugas tahu nantinya diarahkan kemana,” lanjutnya.

Sejauh ini, Kementerian Sosial hanya memiliki enam “safe house” dan diharapkan seluruh kabupaten/kota memiliki “safe house”.

Beberapa daerah yang ada di sekitar Kota Surabaya bisa memanfaatkan tempat ini untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik. “Saat ini di Indonesia terdapat sekitar 4,1 juta anak terlantar dan dari data di Komisi Perlindungan Anak Indonesia terdapat sebanyak 18 ribu anak terekploitasi,” sebutnya.

Ia menambahkan untuk anak tereksploitasi ini, tidak boleh sembarangan diambil di jalanan karena hal itu sama saja dengan penculikan. “Biarkan petugas berwenang yang melakukan baik itu dari dinas sosial atau juga dari petugas kepolisian,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Kasih, Hana Amalia, mengungkapkan kunjungan Mensos ini merupakan impian yang menjadi kenyataan. “Kami sangat berterimakasih telah mendapat perhatian dengan acara kunjungan yang mendadak ini. Kami sangat bahagia,” ujarnya.

Diantara program Pondok Kasih, menurut Hana, pemberian makan sehat kepada masyarakat, layanan kesehatan masyarakat, juga pelayanan bagi lansia. “Layanan untuk semua tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras ataupun antargolongan. Dan kami bekerjasama dengan lintas organisasi, instansi juga lintas agama,” tandasnya. (ro)

Teks foto:

  • Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa, berkesempatan mengunjungi Pondok Kasih di Jl Medokan Keputih 29, Medokan Semampir, Sukolilo, Surabaya 60119, Jawa Timur, Minggu (3/4/2016).
  • Kesenian musik angklung menyambut kedatangan Menteri Sosial RI, Khofifah Indear Parawansa.