31/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Diantar 21 PAC, Petahana Ketua DPC Partai Hanura Surabaya Onny SD Philipus Serahkan Berkas ke Tim Verifikasi

P_20160330_145146-1024x576Surabaya, KabarGress.com – Petahana Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya, Onny SD Philipus, resmi menyerahkan berkas pendaftaran dirinya sebagai bakal calon (Balon) Ketua DPC Partai Hanura Surabaya periode 2016 -2021 pada Muscab menurut rencana dilaksanakan April-Mei. Yang menarik, saat mendaftarkan diri diantar 21 PAC, dan berkas diterima Sekretaris Tim Verifikasi, HM. Husin, didampingi Ketua dan anggota tim, Rabu (30/3/2016).

Onny Philipus dengan 21 PAC diterima singkat sekitar pukul 14.50.00 WIB, sampai pukul 13.05.00 WIB. “Berkasnya kami terima, dan berkas untuk DPC Surabaya yang kedua. Berkas pendaftaran pertama kami terima dari Pak Wisnu Wardhana, dan yang kedua Pak Onny SD Philipus,” kata Husin, Rabu (30/3/2016).

Menurut Husin berkas yang telah masuk sebanyak 16 berkas, dari 14 DPC. 14 DPC yang telah menyerahkan berkas  kata Ketua Tim Verifikasi dan Validasi, Moh. Farhan, DPC Kota Surabaya, (dua) berkas, DPC Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban, Kabupaten Jember,  Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Magetan, Kabupaten Mojokerto, DPC Kota Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Sampang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Ngawi.

“Sementara DPC belum siap menyerahkan berkas pendaftarannya karena belum sempat menerima sosialisasi Muscab terdapat 6 DPC, yakni DPC Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Probolinggo, Kota probolinggo, Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Blitar,” kata Farhan.

“Untuk 6 DPC ini akan ada pengecualian, karena belum sempat menerima sosialisasi. Batas akhir pendaftaran pada Kamis 31 Maret itu, hanya berlaku bagi DPC yang telah menerima sosialisasi,” ujarnya.

Untuk 18 DPC menurut Husin, dimungkinkan bakal menyerahkan berkas pendaftaran Balon Ketua DPC Kamis 31 Maret. “Kayaknya, 18 DPC yang hari Rabu ini belum menyerahkan berkasnya pendaftaran semua diserahkan hari terakhir penutupan pendaftaran Kamis besuk. Setelah hari Kamis (31/3/2016) besuk, tim verifikasi sudah menerima penyerahan berkas dari DPC alias pendaftaran sudah ditutup, kecuali bagi 6 DPC yang disebutkan tadi,” terang dia.

Dari berkas-berkas yang telah masuk, tim melakukan verifikasi dan validasi.  Tahapan berikutnya, lakukan fit and proper test pada semua balon. “Fit and proper test dilaksanakan selama 3 hari, dimulai 16 April hingga 18 April. Hasil kerja tim verifikasi kemudian diserahkan kepada Ketua DPD. Ketua DPD lah nanti yang bakal meneruskannya ke DPP untuk memperoleh rekomendasi,” kata Wakil Ketua Tim Verifikasi, Ari Hafied Ashari, menambahkan.

“Siapa nanti yang dapat rekom itu domainnya ada di DPP. Kami tidak tahu, rekomendasi itu sepenuhnya hak DPP,” imbuhnya.

Sedangkan terkait kemungkinan terjadinya dukungan ganda, kata Ari, itu ada mekanisme partai yang nantinya menyelesaikannya.

Yang pasti di dalam berkas pendaftaran itu harus disebutkan 8 item syarat yang harus mampu dipenuhi oleh balon ketua DPC. 8 syarat atau item itu antara lain  balon Ketua DPC harus dapat dukungan minimal 30 persen dari PAC, dan menyediakan kantor untuk sekretariat DPC, dengan didukung akte notaris, mobil operasional, segera membentuk Pengurus Ranting, serta mampu merekrut kader atau anggota partai sebanyak 150 ribu untuk kabupaten  atau 20 persen untuk kota.

“Tetapi khusus untuk kota Surabaya ketua DPC harus mampu merekrut anggota baru 150 ribu/orang selama periode kepengurusannya,” tandasnya.

“Syarat-syarat partai ini bagi DPC Kota Surabaya dinilai tidak masalah. Saya kira syarat-syarat itu bukan masalah ya. Kami kantor sudah siap, mobil operasional juga sudah kan, kinerja sama-sama bisa lihat. Dari kerja partai yang kami lakukan, hasilnya DPC Partai Surabaya di dalam pileg 2014 lalu berhasil mendudukkan tiga kadernya menjadi anggota DPRD Kota Surabaya. Itu faktanya, kan,” tandasnya.

“Terkait dengan penambahan anggota baru sebanyak 150 ribu orang, saya optimis kerja politik yang dilakukan secara bersama-sama, bakal mampu kami wujudkan,” pungkasnya. (hery)

Teks foto: Ketua DPC Partai Hanura Kota Surabaya, Onny SD Philipus, diantar 21 PAC menyerahkan berkas pendaftaran diterima Sekretaris Tim Verifikasi, HM. Husin.