12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pertama di Indonesia, XL Hadirkan “INFINET” – Layanan Mobile Broadband 4G LTE untuk Solusi Bisnis UKM

XL-Infinet 2Surabaya, KabarGress.com – Selaras dengan upaya pemerintah untuk mendorong perkembangan bisnis Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM), PT XL Axiata Tbk (XL) juga terus melakukan inovasi layanan dalam menyediakan berbagai solusi yang dapat mendukung tumbuh kembangnya bisnis UMKM. Salah satu inovasi layanan terbaru yang dihadirkan oleh XL adalah “INFINET” yang merupakan layanan mobile broadband 4G LTE pertama di Indonesia untuk solusi bisnis UKM. Kehadiran layanan INFINET ini juga semakin melengkapi berbagai pilhan solusi bagi para pelaku bisnis UMKM yang selama ini sudah disediakan oleh XL melalui Digibiz.

Direktur/Chief Digital Service Officer XL, Ongki Kurniawan mengatakan,“Kehadiran produk layanan ini merupakan wujud komitmen XL untuk dapat membantu kebutuhan para pelaku bisnis UKM dalam mengembangkan bisnisnya melalui ketersediaan akses Internet mobile berkecepatanan tinggi 4G LTE dengan kuota yang besar. Akses Internet cepat mobile yang dapat digunakan secara bersama-sama di kantor atau di suatu lokasi tertentu dan disertai dengan kuota yang besar, dan harga terjangkau tentunya sangat dibutuhkan para pelaku bisnis UMKM, karena dapat meningkatkan efisiensi bisnis yang dilakukan. Dan dengan efisiensi pula, maka bisnisnya bisa lebih berpeluang untuk semakin berkembang.”

Ongki menjelaskan lebih lanjut, “XL INFINET juga merupakan salah satu solusi dari beragam solusi untuk mendukung bisnis UKM yang sebelumnya sudah kami bangun melalui plattform Digibiz. Untuk tahap awal, kami coba perkenalkan layanan ini secara terbatas dan kami buka pemesanan (pre-order) bagi para pelaku bisnis UKM yang tertarik dengan layanan kami ini.  Kami yakin layanan ini, nantinya akan mendapatkan respon positif dari para pelaku bisnis”.

Di dalam layanan XL INFINET disediakan layanan paket data dengan technologi LTE 4G, yang dipaketkan dengan domain, website, email korporat, dan beragam aplikasi untuk bisnis. Jadi, dengan membeli layanan ini, pelanggan akan mendapatkan paket solusi yang di dalamnya sudah termasuk mendapatkan domain di internet, website yang didesain sesuai kebutuhan usaha pelanggan, juga email perusahaan dan aplikasi bisnis yang diperlukan.”

Paket XL INFINET ditawarkan mulai dari harga Rp 200 ribuan/bulan, dengan kuota data sampai dengan 120 Gb. Penawaran harga hemat ini sudah termasuk mendapatkan domain, website, dan korporat email tersebut di atas. Sudah termasuk pula dalam paket XL INFINET, pelanggan  mendapatkan seperangkat modem atau router untuk menghubungkan semua sistem layanan usaha dengan jaringan internet.

Keunggulan perangkat modem/router ini adalah kemampuan terhubung dengan layanan internet cepat XL 4G LTE. Hal ini akan sangat mendukung pemenuhan kebutuhan pelaku usaha untuk bisa terkoneksi secara cepat dan stabil dengan jaringan internet dan pasar yang dibidik. Internet 4G LTE akan sangat mendukung bagi keperluan antara promosi, transaksi, pengelolaan stok barang, juga komunikasi dengan pelanggan atau relasi bisnis.

XL INFINET memang sengaja menyasar kepada segmen UKM dan perusahaan yang mempunyai kantor cabang skala kecil dan sedang, dengan sekitar 20 staf. Layanan ini juga sangat cocok untuk kalangan pengrajin atau usaha rumahan. XL INFINET sangat pas untuk  memenuhi kebutuhan konektifitas data antara kantor pusat dengan kantor cabang dengan biaya rendah.

Selain itu, karena bersifat wireless atau nirkabel maka mudah digunakan dan dipindah-pindah tanpa perlu izin pengelola gedung.

Dari sisi akses internet, solusi XL INFINET sangat bermanfaat untuk usaha yang memerlukan koneksi internet, yang menempati kantor tidak di pinggir jalan besar, atau kantor di sebuah gedung perkantoran, atau sebuah kantor cabang. Sebagai gambaran, bagi sebuah bengkel mobil, XL INFINET antara lain bisa bermanfaat untuk menyediakan fasilitas internet wifi kepada pelanggan yang sedang menunggu sementara kendaraannya ditangani, menyediakan website untuk booking jadwal service, dan email untuk layanan customer care.

Contoh lain, solusi ini sangat cocok untuk antara lain klinik dokter 24 jam, salon kecantikan, kursus ketrampilan, klinik hewan, gudang perkantoran untuk koneksi data ke kantor pusat, toko kelontong, juga agen perjalanan.

XL INFINET sebagai solusi bisnis para pengusaha kecil menengah sudah dapat mulai dipesan di kuartal ke-2 tahun 2016 ini. Untuk mendapatkan informasi lebih mengenai layanan XL INFINET, pelanggan dapat menghubungi via email ke INFINET@xl.co.id, atau telpon ke 021 5761881 ext 57438; 58264; 57070. (ro)

Teks foto: Direktur Digital Service XL, Ongki Kurniawan bersama VP Digital Service Accelerator XL, Tanto Suryoto dalam acara peluncuran “INFINET” layanan mobile broadband 4G LTE di Jakarta. Kamis (23/3).