31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Siswa SD Bebekan Sidoarjo Hijaukan Pamurbaya

Protes Kerusakan Mangrove, Siswa SD Sidoarjo Hijaukan PamurbayaSurabaya, KabarGress.com – Ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) Negeri Bebekan, Kecamatan Sepanjang, Kabupaten Sidoarjo, menggelar kegiatan pembelajaran di luar kelas dengan menanami mangrove di kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya), Rabu (23/3/2016). Diangkut dengan 2 bus, mereka juga didampingi orangtua masing-masing.

“Aksi tanam mangrove ini juga sebagai peringatan HARI AIR SEDUNIA yang diperingati setiap 22 Maret. Mereka melakukan penanaman mangrove di sekitar pintu air Kali Wonorejo, Rungkut,” terang Sekretaris Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) Indonesia, Muhamad Khoirul Rijal, di sela-sela mendampingi kegiatan tersebut.

SDN Bebekan Sepanjang Sidoarjo menanam mangrove di pantai timur SurabayaSebelum melakukan penanaman, terlebih dahulu mereka diberikan wawasan tentang lingkungan, khususnya pentingnya melestarikan mangrove di kawasan pesisir. Siswa-siswi SD tersebut tampak bersukacita dengan penanaman mangrove. “Saya baru kali ini ke kawasan mangrove. Senang sekali bisa merasakan menanam sendiri pohon mangrove,” ujar salah satu siswa.

Ketua Kelompok Tani Tambak Trunojoyo, Ratno, mengaku bangga melihat siswa-siswa SD yang mau mengenal lingkungan secara langsung. “Nanti kalau sudah besar, mereka akan lebih peduli lingkungan. Jadi pengenalan pelestarian mangrov sejak usia dini saya kira merupakan hal yang sangat tepat dilaksanakan secara berkelanjutan,” kata Cak Ratno. (ro)

Teks foto: Siswa-siswi SDN Bebekan Sepanjang Sidoarjo, saat menanam mangrove, di kawasan pantai timur Surabaya, Rabu (23/3/2016). (foto: Ipung KJPL Indonesia).