12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Job Fair Pemkot Sepi Peminat

Job Fair Pemkot Sepi PeminatSurabaya, KabarGress.Com – Pelamar pada bursa kerja (Job Fair) 2016 yang digelar Pemerintah Kota Surabaya dipastikan memiliki peluang besar untuk diterima pada perusahaan yang dituju, pasalnya dari 1.228 lowongan yang disediakan, tercatat hanya sebanyak 1273 pengunjung saja. Angka 1.273 pengunjung tersebut didapat dari tiket masuk pada pukul 15.30 WIB pada hari penutupan Job Fair.

Job fair yang digelar oleh Disnaker Surabaya tersebut berlangsung selama dua hari yakni 22-23 Maret 2016. Berdasar data yang ada, sebanyak 40 perusahaan yang turut serta dalam acara ini, dengan kapasitas sebanyak 1.228 lowongan.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Tenaga Kerja Surabaya Dwi Purnomo mengatakan bahwa sampai hari ini jumlah pengunjung tercatat 5000 lebih, namun hal tersebut bertolak belakang dengan fakta dilapangan. “Sampai saat ini mencapai 5000 an lebih pengunjung,” ujarnya singkat.

Wasi Sumantri seorang pengunjung job fair mengaku bahwa kedatangannya bukan untuk melamar kerja, melainkan hanya melihat – lihat perusahaan yang membuka lowongan. “Saya ndak daftar mas. Cuma lihat – lihat saja,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi alasan tidak mendaftar, lulusan PTN swasta di Surabaya ini mengaku pesimis dengan perusahaan yang ada pada job fair. Menurut Wasi biasanya menerapkan seleksi yang ketat dan kebanyakan pada bagian penjualan atau sales. “Lowongan yang banyak bagian sales mas. Saya ndak bisa di bidang itu,” keluhnya.

Dari pantauan KabarGress.Com, suasana job fair tersebut sepi. Beberapa stan perusahaan terlihat kosong tanpa ada pengunjung. (tur)