Gusti Kattani Maulani, Brand Manager LACTOGROW mengatakan,”Berdasarkan survei awal tentang Arti Kebahagiaan Keluarga yang kami lakukan melalui media sosial, terungkap hanya 53% responden yang merupakan orang tua, merasa anaknya bahagia akan hubungan yang terjalin antara ayah-ibu-anak. Para orang tua juga merasa waktu yang dihabiskan dengan buah hati kurang dari cukup.Berangkat dari hasil survei ini, Nestle LACTOGROW pun tergerak untuk melakukan survei lanjutan dan mencari tahu bagaimana memaksimalkan keterlibatan orang tua dalam pengasuhan anak untuk meningkatkan kualitas kebahagiaan keluarga”.

Selain survei awal melalui media sosial tersebut, Nestle LACTOGROW juga mengadakan sesi focus group discussion (FGD) dengan para ibu untuk menggali lebih dalam seputar faktor penentu kebahagiaan keluarga serta bagaimana memaksimalkan kebahagiaan mereka. Hasilnya, para ibu merasa bahwa pola asuh anak berperan penting dalam menentukan kebahagiaan keluarga, misalnya pola makan yang teratur karena hal tersebut menyangkut kesehatan anak yang berujung pada kebahagiaan keluarga.Selain itu, para ibu juga menyatakan keharmonisan dan kerja sama yang baik antara ibu dan ayah dalam pengasuhan anak sebagai faktor penting dalam menyempurnakan kebahagiaan keluarga. Meluangkan waktu untuk bermain dengan anak dan beraktivitas akhir pekan dengan keluarga juga merupakan hal sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keharmonisan hubungan keluarga.

Sementara itu menurut sejumlah penelitian, keterlibatan maksimal orang tua, khususnya ayah, dalam pengasuhan terbukti dapat membantu anak tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Psikolog Rini Hildayani, M.Si menjelaskan,”Interaksi dan pengalaman yang dialami oleh anak ketika bersama dengan ayah dapat mempengaruhinya hingga dewasa. Perkembangan kognitif dan sosial-emosi anak juga dipengaruhi oleh kedekatan dan hubungan emosional yang dibangunnya bersama ayah. Dalam pengasuhan, orang tua, termasuk ayah, juga harus peka terhadap kebutuhan anak, termasuk kebutuhan mereka untuk merasa bahagia”.

Sementara itu, Oka Antara, seorang public figure yang juga ayah dari 3 orang anak turut berbagi pengalamannya dalam mengasuh buah hati, “Tantangan yang dihadapi oleh keluarga pada umumnya adalah cara membangun hubungan dengan anak, menyempatkan untuk menghabiskan waktu bersama anak dan pasangan, dan menyeimbangkan kedua hal tersebut dengan karir. Saya senang Nestle LACTOGROW menghadirkan Happy Date with Legendaddy-Happy Winter Land. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi orang tua, termasuk ayah, untuk menikmati kebersamaan dengan anak dan meningkatkan kualitas kebahagiaan keluarga yang akan berpengaruh pada karakter dan tumbuh kembang anak jangka panjang”.

Tak hanya lingkungan yang bahagia, tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh kesehatannya. Sistem pencernaan yang baik merupakan salah satu faktor penting bagi anak-anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi anak yang bahagia dan aktif. Pakar tumbuh kembang anak Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpAK, mengatakan, “Organ imunitas terbesar ada di dalam saluran cerna. Oleh karena itu, penting untuk memastikan saluran cerna dalam keadaan sehat agar dapat menjalankan berbagai fungsinya, termasuk diantaranya untuk menyerap zat gizi dari makanan. Saluran cerna yang sehat akan menunjang tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun secara mental dan sosial. Saluran cerna yang tidak sehat akan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan yang tidak hanya mempengaruhi fungsi saluran cerna dan perkembangan otak anak, tetapi juga kondisi psikologis anak dan orang tua”.

Selain menghadirkan arena permainan yang dapat membantu ayah dan ibu menikmati waktu berkualitas dengan buah hatinya, arena Nestle LACTOGROW Happy Date with Legendaddy-Happy Winter Land yang mendapat rekor MURI sebagai arena permainan salju terbesar di Indonesia ini juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk berkonsultasi mengenai Happy Tummy dengan para ahli.

“Merupakan misi Nestle LACTOGROW untuk mendukung kualitas kebahagiaan keluarga Indonesia. Untuk itu, kami berkomitmen untuk memberikan wadah di mana keluarga dapat menghabiskan waktu berkualitas bersama-sama seperti yang kami lakukan melalui Happy Date with Legendaddy. Kami berharap, kualitas kebahagiaan keluarga Indonesia bisa semakin meningkat dari waktu ke waktu demi perkembangan generasi bangsa yang lebih baik,” tutup Gusti Kattani Maulani. (ro)

Teks foto: Gusti Kattani Maulani, Brand Manager LACTOGROW, Oka Antara (sosok Legendaddy), ahli tumbuh kembang anak Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpAK, dan psikolog Rini Hildayani, S.Psi., M.Si, saat talkshow bersama awak media sekaligus konferensi pers di Surabaya, Minggu (20/3/2016).