Jelang Muscab Partai Hanura, Dukungan Pada Warsito Mengkristal

Cak WarSurabaya, KabarGress.com – Menjelang Musyawarah Cabang ( Muscab) Partai Hanura Surabaya, dilaksanakan, jumlah bakal calon ( Balon) Ketua DPC Partai Hanura, menjadi tiga orang. Balon pertama ,incumbent Onny Philipus, kedua Sekretaris DPC Warsito,SE, yang terakhir Wisnu Whardana ,Ketua Bappilu DPD Partai Hanura Jatim.

Panggung politik internal Partai Hanura Surabaya, memang sedikit menghangat menyusul mendekati hari H Muscab. Meski demikian tak banyak pengaruhnya terhadap peta dukungan yang diberikan Pimpinan Anak Cabang ( PAC).  “ Tidak ada yang berubah, dukungan kami tetap pada Pak Warsito,” kata ketua PAC Sawahan Eko Purwanto, Sabtu ( 20/3/2016). Sebab, Warsito ungkap Eko Purwanto, dinilai paling layak memimpin Partai Hanura  Surabaya, periode 2016 – 2020, dibanding balon yang lain.

Partai Hanura Surabaya, kedepan membutuhkan sosok Ketua DPC  yang mampu membesarkan Partai. Mampu membangun komunikasi politik lintas partai dan pemerintah selaku penyelanggara negara, dan minim resisten. “ Sosok itu kami melihat ada pada diri Pak Warsito, “ kata Ketua PAC  Sambikerep, Tajoen.

Atas dedikasinya pada Partai, pileg tahun 2014 lalu, DPC Surabaya faktanya telah berhasil mendudukan tiga kadernya menjadi anggota legislatif di DPRD Kota Surabaya,” Saya kira kenyataan  ini harus di apresiasi,” sambung Tajoen.

Pendapat senada dinyatakan Ketua PAC Wonokromo Arie Kauripan.  Sikap PAC Wonokromo tetap tidak berubah, yakni tetap mendukung Warsito,  maju sebagai balon Ketua DPC pada Muscab April, Mei, besuk . Pasalnya, Warsito, tandas Arie Kauripan, telah terbukti kinerjanya dalam 4 tahun memanage Partai Hanura Surabaya.

“  Sikap PAC Wonokromo tidak berubah. Saya tetap solid mendukung Pak Warsito, maju dalam Muscab nanti, dan Pak Warsito yang paling berhak mendapat rekomendasi DPP.  Sebagai pemakarsa dukungan Saya tidak mungkin terpancing manuver  yang tengah berlangsung. Fakta, dukungan 11 PAC sudah kami serahkan pada Warsito,” ujar Arie, melalui Short Message Sistem (SMS) . “ Dukungan akan tetap sama , tidak pernah bergeser dan berubah,” kata Arie, lagi.

Warsito sendiri diminta tidak perlu ragu, bahwa dukungan PAC yang telah secara resmi  diberikan padanya pada bulan Pebruari di Resto “ Angkringan Omahku” jl. Joyoboyo, sampai detik ini tetap utuh.“

14 PAC  yang telah menyerahkan surat dukungan pada Warsito, sampai sekarang masih tetap satu bahasa, kompak dan solid mendukung Warsito, “ ungkap Siswanto, Ketua PAC Kenjeran, dikonfirmasi via handphonenya, Sabtu (20/3/2016).

Menurut Eko, modal yang harus dimiliki oleh Partai Hanura  Surabaya adalah sosok pemimpinnya disamping infrastruktur partai. Maksudnya , ungkap Eko Purwanto, PAC dalam memberikan dukungannya itu telah di pikirkan secara matang.   Track record atau rekam jejak calon bersangkutan menjadi bahan pertimbangan 14 PAC.

“Seorang kader lebih –lebih ketua DPC itu harus loyal atau setia kepada Partai. Terbuka dalam memimpin organisasi,  serta tidak terdapat cela selama memimpin organisasi pada periode kemarin. Sekali lagi, itu hanya ada pada diri pak Warsito,” tandas dia.

Dinamika politik yang terjadi  Partai Hanura Surabaya, jelang Muscab, tak luput dari pemantauan Ketua Mastawira Kota Surabaya Didik  Surdiabhi  Poncosugito. Organisasi, yang mempunyai jalur langsung ke Ketua Umum DPP Partai Hanura, Wiranto, mengaku telah memberikan perhatian khusus pada Partai Hanura Surabaya. Kenapa ?.  Sebab, Surabaya merupakan barometer perpolitikan di Jatim.

Untuk itu, jika Partai Hanura Surabaya pada tahun  2019 besuk pingin besar ditandai bertambahnya kader yang duduk di kursi legislatif,  Muscab adalah sebuah momentum politik untuk memilih sosok Ketua DPC.  Sosok itu, harus terseleksi secara baik, baik pada tingkat pengusulan maupun pencalonan yang dilakukan PAC. Nach, Mastawira  sebagai organisasi yang dekat dengan Ketua Umum, terkait dengan figur ketua DPC Partai Hanura Surabaya,  kata Didik Surdiabhi Poncosugito, akan secara langsung memberikan sumbang  pemikiran, termasuk sosok yang paling  layak di berikan rekomendasi sebagai Ketua DPC.

“Dalam waktu dua tiga hari, saya akan ke Jakarta, menghadap Pak Wiranto. Saya akan sampaikan dinamika yang berlangsung dilapangan terkait , sosok atau figur untuk memimpin DPC Partai Hanura Kota Surabaya,” tegasnya.

Menurut Didik, Ketua DPP Partai Hanura harus tahu secara persis profile dan latarbelakang ke tiga orang yang hendak mencalonkan itu. “

Dan,  berdasar rekam jejak, serta  kinerja dari tiga balon yang paling berhak mendapat rekomendasi dari Pak Ketum ya Pak Warsito,” kata Didik.

Sementara itu,  Sekretaris Badan Informasi dan Strategi (Bainfostra) DPP Partai Hanura, Dr. H. La Ode Sufrie, ketika dikonfirmasi via phonselnya terkait jumlah rekomendasi yang akan dikeluarkan DPP jika balon yang diusulkan lebih dari satu,  mengatakan bahwa rekom untuk pencalonan ketua DPC yang akan dikeluarkan hanya satu. “  Rekomendasi yang dikeluarkan hanya  untuk satu nama saja,” tegasnya. ( hery)

Leave a Reply


*