31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Trio Macan Bikin Linglung Pria Jatim Lewat Single Ekslusif #Edan Turun

Trio Macan - Dara - Lia - ChacaSurabaya, KabarGress.com – Lia, Chaca dan Dara baru saja tiba di Surabaya, Kamis (16/3/2016). Trio Macan ini langsung membuat Iinglung para pria di Jawa Timur khususnya kota Surabaya, Kediri, Malang, Jember dan Banyuwangi lewat Iagu Edan Turun yang resmi diluncurkan hari ini.

Single #EdanTurun ini sengaja dirilis secara eksklusif di daerah Jawa Timur sebagai bentuk apresiasi Trio Macan terhadap wilayah kelahiran mereka. Tak disangka, satu dekade sudah perjalanan mereka di industri musik nasional.

Selain dirilis secara ekslusif, sebagai bentuk kebanggaan Trio Macan kepada Jawa Timur, Iagu Edan Turun ini juga dinyanyikan dengan bahasa dan gaya Jawa Timur-an.

“Edan Turun adalah lagu yang unik dengan syair berbahasa Osing yang belum biasa kami nyanyikan. Semoga dengan populernya Iagu Edan Turun dapat ikut mempopulerkan bahasa Osing (bahasa Banyuwangi) dan kabupaten Banyuwangi,” kata Lia salah seorang dari Trio Macan, di Colors Pub & Restaurant, Surabaya.

Lagu yang diciptakan Tatang Pramono ini bercerita soal keadaan laki-laki saat jatuh cinta. “Lelaki dimabuk cinta tetapi tidak sampai dan membuat dirinya linglung seperti orang gila turunan,” jelas Tatang.

Trio Macan membuat pria ngelayung biso isun, dung sing biso duweni (merana bisa saja, kalau tidak bisa memiliki). Biso sun ling/ung koyo wong edan turun (bisa aku linglung seperti orang gila turunan). Serange ati isun serange welas isun (terlalunya hatiku terlalunya cintaku). Nemen nyang riko nyang riko (sangat padamu sangat padamu).

“Edan Turun punya aransemen musik yang unik dan syair bahasa Osing yang hiperboia tapi menggelitik. Semoga lagu ini membuat Trio Macan semakin edan. Salam #EdanTurun weeerrrrr….!” Chaca.

Senada dengan Chaca, Dara juga berharap Iagu yang menurutnya unik dan lucu serta memiliki identitas atau ciri khas asli Trio Macan yang bereksplorasi dengan bahasa Osing bisa membuat masyarakat Jawa Timur dekat dengan Trio Macan.

Setelah pria-pria Jawa Timur dibuat linglung, Trio Macan juga akan menggegerkan kota-kota lain melalui konten digital. Pasalnya single terbaru mereka ini juga tersedia sebagai konten digital exclusive yang dapat langsung dinikmati penggemar Trio Macan di seluruh lndonesia, dengan mengakses *500*105# melalui nomor Telkomsel.

Tak hanya single Edan Turun yang membuat Trio Macan makin dekat dengan penggemarnya. Trio Macan pun membuat jarak dengan penggemar di kota-kota lainnya semakin dekat dengan berbagi cerita tentang keseharian mereka, tips cinta dan gombalan ala Trio Macan, melalui *500*105#. Para pelanggan yang telah tergabung juga bisa menikmati konten konten exclusive Trio Macan lainnya. Bahkan secara berkala Trio Macan bagi bagi hadiah seperti pulsa gratis, HP sampai nonton konsernya di luar negeri.

Kerjasama dengan Telkomsel ini telah terjalin sejak awal tahun 2015. Trio Macan pun menjadi penyanyi dangdut pertama yang merambah dunia digital untuk semakin dekat dengan penggemarnya. Kini komunitas Trio Macan di Telkomsel mencapai 70.000 subscriber.

Ke depannya, Trio Macan dan Telkomsel juga telah mempersiapkan Event Panggung Asik Kartu As di berbagai kota di Indonesia.

Tentang Trio Macan: Berasal dari Jawa Timur, awalnya trio ini beranggotakan Lia Ladysta, lva Novanda (lva Lola), dan Nita Viola yang berangkat dari satu panggung ke panggung lainnya di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan sekitarnya.

Perdana ke Jakarta pada tahun 2005 untuk tampil di acara Extravaganza TransTV. Di bawah manajemen Proaktif, Trio Macan mulai berkiprah di industri musik nasional. Dengan meluncurkan lagu SMS yang membuat nama Trio Macan melejit melalui single fenomenal tersebut. Pada lagu ini posisi Nita Viola digantikan oleh Dian Aditya.

Setahun kemudian mereka diganjar best performance dalam ajang MTV Music Awards. Pada tahun 2007, Trio Macan mulai melebarkan sayapnya ke dunia internasional dengan tampil di ajang Festival Film Asia Pasitic di Taiwan dan memukau peserta festival insan musik se-Asia Pasific.

Tahun 2008 mereka merilis album Makhluk Tuhan Paling Seksi karya Ahmad Dhani. Pada penggarapan album inl Dian Aditya memilih cuti karena alasan pribadi dan digantikan oleh Ayu. Selain itu lva Novanda juga mengajukan cuti, posisinya digantikan oleh Yenny. Praktis Trio Macan tampil dengan satu personil tetap dan dua personil pengganti.

Akhir 2009, Trio Macan kembali mengalami perombakan personil. lva dan Dian bergabung lagi dan Lia Ladysta keluar dari Trio Macan, posisinya digantikan oleh Lia Amelia. Selang satu bulan, tepatnya Januari 2010 mereka mengeluarkan mengeluarkan single baru berjudul Sakit Hati, ciptaan Dodhy Kangen Band yang musiknya digarap secara khusus oleh Andy Bayou. Alhasil lagu tersebut menyabet penghargaan sebagai video klip terbaik untuk kategori lagu dangdut di ajang Klik Awards 2011.

Akhir 2010 Trio Macan menggebrak dengan single lwak Peyek yang fenomenal. Lagu ini menandai kebangkitan kembali dangdut dan diterima dangdut di semua kalangan dan di stasiun televisi. Lagu lwak Peyek, yang diciptakan oleh Anah lnron, menandai eksistensi Trio Macan yang sebelumnya sempat banyak direcoki dengan munculnya penyanyi trio yang mendompleng nama dan popularitas Trio Macan. Lagu lwak Peyek menjadi satu tonggak dimana kekuatan Trio Macan dipertaruhkan.

Di luar ranah musik, Trio Macan juga sempat membintangi sejumlah judul sinetron, iklan dan film layar lebar berjudul “The Legend of Trio Macan”. Seiring dengan perjalan waktu Trio Macan mengeluarkan single bertajuk Cicilaiang, lalu berturut-turut lagu Buka Sitik Joss, Oplosan, dan Suka Sama Kamu. Trio Macan dinobatkan sebagai penyanyi dangdut terpopular di ajang Dangdut Awards 2014.

Pada tahun yang sama lva Novanda menyatakan diri mundur dari Trio Macan dan posisinya digantikan oleh Dara. Dara adalah hasil seleksi yang dilakukan oleh manajemen selama lebih dari satu minggu di Jawa Timur.

Kini Trio macan telah melewati satu dekade dalam kiprahnya yang sudah malang melintang di panggung dan dunia rekaman. Sudah puluhan album dan single dilahirkan dalam satu dekade perjalanan trio dangdut ini.

Trio Macan baru-baru ini juga melajukan tur ke sejumlah negara asia yang dikemas dalam Tur Asia Trio Macan. Negara-negara tersebut diantaranya adalah Singapura, Malaysia, Hongkong, dan Korea. Trio macan kini dengan personil Chacha, Lia, dan Dara adalah generasi masa kini yang selalu tampil up to date dan mengikuti eranya.

Di bawah label dan manajemen Proaktif, Trio Macan terus berbenah melakukan perubahan dari segi penampilan dan membangun karakter panggung yang lebih fresh dan berkelas. (ro)

Teks foto: Dara, Lia dan Chaca, saat konferensi pers rilis Single #EdanTurun, di Colors Pub & Restaurant, Surabaya, Kamis (17/3/2016).