29/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Sosialisasi Muscab Partai Hanura Jatim Sudah 100 Persen

Sekretaris DPD Partai Hanura Jatim, Drs. Idrus AlwiSurabaya, KabarGress.com  – Sosialisasi Musyawarah Cabang ( Muscab) Dewan Pimpinan Cabang ( DPC) Partail Hanura kabupaten / kota sudah 90 persen.”Saat ini sudah 90 persen. Hari ini Sabtu 12 – 3 pak Ketua ke Kediri. Sosialisasi terakhir di kabupaten Nganjuk, Senin (14/3/2016),” kata Sekretaris DPD Partai Hanura Jatim, Drs. Idrus Alwi, Sabtu (13/3/2016).

Setelah Sosialisasi Muscab 38 kabupaten/kota selesai tahap berikutnya menurut  Idrus, DPC lalu mengirimkab berkas administrasi ke DPD. “DPC membuka pendaftaran peserta bakal calon Ketua DPC. Lalu data dan berkas di kirim ke DPD. Oleh tim Penjaringan bakal calon melakukan validasi dan verifikasi terhadap berkas serta calon bersangkutan,” imbuhnya.

Tahap selanjutnya, setelah verifikasi berkas dan bakal calon rampung dan memenuhi kriteria organisasi tim Penjaringan menyerahkan berkas serta hasil kerjanya ke Ketua DPD.  DPD ujar Idrus membawa berkas  penjaringan bakal calon ke DPP. “DPP kemudian yang akan menentukan,siapa  diantara mereka yang di restui DPP,” tambah Idrus.

“Pak Ketua Umum yang akan memberikan rekom pada mereka yang di anggap layak dan mampu membangun Partai Hanura, ke depan,” katanya.

Lebih lanjut Idrus menerangkan setelah semua tahapan dapat dilalui, masing-masing DPC menggelar Muscab. Mereka yang punya hak suara , pada Muscab untuk memilih calon Ketua DPC, Ketua PAC, Wanhat, DPD, ketua Demisioner dan 0rtom. Prose pemilihan Ketua DPC bisa dilakukan dengan sistem pemungutan suara , tetapi bisa juga dengan pola aklamasi. “Kalau yang terima rekomendasi hanya 1 orang prosesnya bisa dipilih secara aklamasi, tetapi kalau lebih dari satu orang dilakukan pemilihan langsung,” terang Idrus.

Yang pasti tugas seorang Ketua DPC menghadapi 2019 tidaklah ringan. Untuk itu seorang Ketua DPC harus mampu membangun sistem kelembagaan parta sampai tingkat ranting. “Untuk kepengurusan anak ranting  harus sudah terbentuk tahun 2017. Dan lakukan rekruitmen anggota baru sebanyak 150 ribu orang untuk Kota besar seperti Surabaya ini. Sementara untuk kabupaten dan kota disesusikan,” pungkasnya. (hery)

Teks foto: Sekretaris DPD Partai Hanura Jatim, Drs. Idrus Alwi.