31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Menikmati Karya Seni Ramah Lingkungan Bernuansa Alam di SPASIAL 2016

SPASIAL 2016 - Pameran Karya Mahasiswa 1Surabaya, KabarGress.com – SPASIAL 2016, acara terbesar Himpunan Mahasiswa Desain Interior (HMDI) ITS Surabaya, akan digelar untuk pertama kalinya pada hari Sabtu dan Minggu, 12 – 13 Maret 2016 di Balai Pemuda Surabaya. Dengan bertemakan “ECONATURA”, pameran karya tematik ini terbuka bagi masyarakat umum secara gratis. Secara garis besar, acara ini terdiri dari tiga sub-event, yaitu exhibition (pameran karya mahasiswa dan instalasi), show (happening artacapelladance, dan band), serta bazaar (food, merchandise, dan kontes desain)

Pricillia Devi, Ketua Pelaksana Spasial 2016, menyampaikan bahwa sebagai acara perdana, SPASIAL 2016 menjanjikan sajian terbaik bagi para pengunjung. Pengunjung nantinya akan disuguhkan berbagai pertunjukan di sela-sela melihat pameran karya mahasiswa dan peserta lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya. Melalui pameran karya ini, ia berharap agar wawasan masyarakat mengenai desain interior semakin luas.

Aji Andriyas, Koordinator Sie. Acara, memaparkan bahwa ECONATURA merupakan sebuah konsep yang mengedepankan prinsip ramah lingkungan dengan manfaatkan potensi lingkungan dan mengolah limbah dengan baik menjadi sebuah karya. SPASIAL 2016 merupakan sebuah inisiasi untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa sebuah karya juga mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Ia berharap acara ini dapat berperan sebagai titik awal gaya hidup yang sadar lingkungan bagi masyarakat luas dan menjadi sarana edukasi bagi masyarakat mengenai peran desain interior menjawab berbagai isu lingkungan.

Selain pameran karya, SPASIAL 2016 juga menyuguhkan stan-stan kreatif yang sangat menarik untuk dikunjungi serta talkshow yang akan diisi oleh 3 pakar sekaligus, Ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia Ir. Poppie Pratiwi Rezki, HDII, Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Ir. Hari Sunarko, serta praktisi desain dan dosen Jurusan Desain Interior ITS Thomas Ari Kristianto, S.Sn., M.T., HDII. Tidak hanya peserta pameran, pengunjung juga dapat ikut berkarya dengan mengikuti workshop kreatif Terrarium dari The Gardenaya Surabaya, tie dye oleh dosen Desain Interior Lea Anggraeni dan Tiara Ika, serta sketching oleh Yandi Prayudhi. Pada Hari Minggu nanti, acara akan ditutup dengan Polkawars, band indie asal Jakarta serta band indie asli Surabaya, Hi Mom!.

Dipersiapkan selama tiga bulan, SPASIAL 2016 akan dikemas secara apik dengan dekorasi dan instalasi yang membuat pengunjung merasakan seni dan alam yang selaras di dunia ECONATURA. Seperti yang dituturkan oleh Ronny Handoko, selaku Koordinator Dekorasi dan Instalasi. “We will bring you to the econatura world, kami akan mengemas venue Balai Pemuda Surabaya agar pengunjung seolah benar-benar masuk ke dunia ECONATURA. Tunggu saja saat open gate nanti.” ujarnya optimis. (ro)