10/08/2020

Jadikan yang Terdepan

THE NEXT 100 YEARS: Kendaraan Visi BMW Group Wujudkan Mobilitas Masa Depan

The Next 100 Years_1Munich, KabarGress.com – 2016 merupakan tahun dimana BMW Group merayakan usia 100 tahunnya dengan moto THE NEXT 100 YEARS. Sepanjang sejarahnya, citra BMW Group sebagai sebuah perusahaan didefinisikan oleh fokus pada masa depan dan selalu menjadi pelopor – seluruhnya dapat tercapai berkat tim luar biasa yang memiliki ketertarikan  terhadap mobilitas sebagai bagian paling penting dari kehidupan. “Di BMW Group, kami selalu berupaya menemukan solusi terbaik. Ini merupakan bagian dari DNA kami,” cetus Harald Krüger, Chairman Board of Management BMW AG, pada Centenary Event di Munich hari Senin (7/3). “Ini juga merupakan semangat kolaborasi kami, tema berulang yang meresap dalam budaya dan kepemimpinan BMW Group.”

Tiga kualitas yang secara khusus membedakan BMW Group adalah: kemampuan untuk terus berkembang dan beradaptasi, inovasi teknologi, dan tanggung jawab terhadap masyarakat. “Dalam berbagai kesempatan di sepanjang sejarah BMW, kami telah membuktikan bahwa kami mampu belajar dengan cepat dan mengambil langkah-langkah berani,” tutur Krüger.

Berdasarkan latar belakang tersebut, perayaan satu abad BMW Group difokuskan pada apa yang ada di masa depan dan mengeksplorasi bagaimana mobilitas individual dapat berkembang dalam beberapa dekade ke depan.

The Next 100 Years_2Untuk menjawab pertanyaan ini, BMW Group telah mempersiapkan skenario futuristik dengan  visi yang jelas: mobilitas premium dari BMW Group akan mudah untuk digunakan, tersedia secara komprehensif, dan dirancang khusus untuk preferensi individual setiap pelanggan. Pada saat ini, dunia sedang berada diambang menuju terwujudnya kemudi otomatis; tidak lama lagi di masa depan, mayoritas mobil mungkin akan dapat dikemudikan secara otomatis dan melintasi jalanan kota-kota yang lebih padat dari sekarang.

Di masa depan, waktu merupakan satu hal yang akan semakin terbatas. Namun konektivitas akan kian menjadi hal biasa, dan teknologi akan mulai belajar dari manusia. “Mobilitas masa depan akan menghubungkan setiap area kehidupan manusia. Dan di situlah kami melihat adanya peluang-peluang baru untuk mobilitas premium,” tambah Krüger.

BMW Group telah mewujudkan visi masa depannya, dengan  BMW VISION NEXT 100. Kendaraan ini mengombinasikan tampilan sporty khas kendaraan coupé dengan keanggunan yang dinamis sebuah sedan. Namun, alih-alih sebagai mesin transportasi anonim, kendaraan ini merupakan kendaraan yang dirancang sesuai dengan kebutuhan yang dibuat untuk secara sempurna menjawab kebutuhan pengemudi yang kerap berubah.

The Next 100 Years_3Interaksi antara pengemudi dan kendaraan dikelola oleh Alive Geometry; mode Boost dan Ease menawarkan pilihan operasi driver-controlled atau vehicle-controlled, dan interior kendaraan berubah sesuai mode perjalanan. Pada mode Boost, seluruh bagian kendaraan fokus pada pengemudi, memberikan dukungan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan pengalaman berkendara – contohnya dengan menunjukkan jalur berkendara yang ideal, poin kemudi dan kecepatan. Mode Ease mentransformasi interior dimana stir kemudi dan konsol tengah ditarik; headrest berpindah ke samping, dan bangku serta trim pintu menyatu untuk membentuk unit tunggal sehingga pengemudi dan penumpang di barisan depan dapat saling berhadapan.

“Jika Anda sebagai perancang dapat membayangkan sesuatu, kemungkinan besar suatu hari hal tersebut dapat menjadi kenyataan,” ujar Adrian van Hooydonk, Head of BMW Group Design. “Sehingga tujuan kami dengan BMW VISION NEXT 100 adalah untuk mengembangkan skenario masa depan dimana orang-orang dapat berperan serta.”

BMW Vision Vehicle tampil untuk pertama kalinya di dunia pada Centenary Event di Munich Olympic Hall 7 Maret 2016 – tepat seratus tahun setelah perusahaan yang kini dikenal sebagai BMW AG pertama kali resmi terdaftar sebagai perusahaan komersial. Sekitar 2.000 tamu dari kalangan industri, politik, riset, masyarakat dan media hadir, begitu pula dealer, supplier dan karyawan-karyawan terpilih. Pengalaman multimedia memandu mereka menyaksikan perjalanan sejarah perusahaan hingga interpretasi terbaru atas mobilitas premium masa depan, berpuncak pada pengenalan kendaraan BMW VISION NEXT 100.

Kesuksesan BMW Group tidak akan terwujud tanpa komitmen lebih dari 122.000 karyawan di 140 negara di seluruh dunia. Hampir seluruh karyawan ini dapat menyaksikan Centenary Event di Olympic Hall secara langsung sebagai bagian dari aktivitas yang berlangsung di lokasi mereka. Di berbagai negara, live-stream ini dilengkapi perayaan seratus tahun secara lokal, dan satu hal yang luar biasa dari acara di Munich adalah tayangan langsung acara di stadium sepak bola Allianz Arena, yang disajikan bagi lebih dari 30.000 karyawan yang berkantor di dan sekitar Munich.

Setelah debut internasionalnya, BMW VISION NEXT 100 akan melakukan tur simbolik dunia dengan tajuk “Iconic Impulses.” yang akan singgah di Cina, Inggris, dan Amerika Serikat. Setelah penampilan Asia perdananya di Beijing, tur akan berlanjut ke London, dimana Vision Vehicle dari brand inggris BMW Group – MINI dan Rolls-Royce – akan diluncurkan. Destinasi terakhir adalah Los Angeles, Amerika Serikat, dimana BMW Motorrad akan menambahkan Vision Vehicle untuk melengkapi koleksi kendaraan visi masa depan dari keempat brand di bawah BMW Group.

Konten utama dari “Iconic Impulses.” juga akan ditampilkan di Munich melalui sebuah pameran permanen. Future Exhibition di ‘double cone’ gedung BMW Welt akan dibuka untuk umum mulai musim semi. Pameran selanjutnya akan dihadirkan oleh BMW Museum, dimana display sementara berjudul “100 Masterpieces” akan menampilkan tonggak-tonggak sejarah BMW Group. Pameran ini akan dibuka untuk umum mulai 10 Maret.

Dari 9-11 September 2016, BMW Festival – THE NEXT 100 YEARS  akan menyambut penggemar dari berbagai penjuru dunia. Festival ini akan diadakan di Munich Olympic Park, baik di Olympic Stadium maupun di Olympic Hall. BMW Museum dan BMW Welt juga akan menjadi lokasi BMW Festival, begitu pula seluruh area di sekitar gedung kantor pusat ‘empat-silinder’ BMW Group yang ikonik.

Untuk melengkapi tahun ke seratus ini, akan diluncurkan pula sebuah publikasi khusus yang terdiri dari 13 jilid. Publikasi ini akan membahas sejarah perusahaan dan topik-topik utama masa depan. Berbagai esai, laporan, kajian, dan wawancara pakar akan dituangkan ke dalam 13 jilid buku ini, yang akan merefleksikan keragaman BMW Group dan  semua brand yang dimilikinya –  BMW, MINI, Rolls-Royce dan BMW Motorrad.

Pada perayaan satu dekade ini, BMW Group juga menekankan komitmennya untuk tanggung jawab sosial. Modal dasar dari yayasan BMW Foundation Herbert Quandt, akan ditingkatkan sebanyak 50 juta euro sehingga mencapai total 100 juta euro. Selain itu, donasi tahunan juga akan didedikasikan untuk mendukung misi yayasan dan pada 2016, pendanaan untuk kegiatan misi yayasan akan bertambah sebanyak 5 juta euro. Pendanaan lebih lanjut akan disediakan oleh pemegang saham utama Stefan Quandt dan Susanne Klatten, yang akan mendukung kegiatan-kegiatan yayasan dengan tambahan dana sebanyak 30 juta euro. (ro)

Teks foto:
– Harald Krüger, Chairman Board of Management BMW AG, mencoba interior BMW VISION NEXT 100.
– Harald Krüger, Chairman Board of Management BMW AG, dan BMW VISION NEXT 100.
– Board of Management BMW AG dan BMW VISION NEXT 100.