31/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Surabaya Youth Leadership Conference (SYLC 2016)

Surabaya, KabarGress.com – Fenomena “Local Leader” atau pemimpin lokal di Indonesia seperti Tri Rismaharini, Ridwan Kamil dan Ahok merupakan evolusi kepemimpinan di Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa sebagai bangsa yang mempunyai wilayah cakupan yang luas, daerah-daerah di Indonesia memerlukan pemimpin pemimpin lokal untuk memastikan tujuan dan program pemerintah sampai ke masyarakat.

Dalam hal ini juga sebagai organisasi kepemimpinan yang mempunyai basis di Surabaya, AIESEC Surabaya ingin melanjutkan dan menciptakan pemimpin selanjutnya yang mempunyai kualitas yang lebih baik dari tahun ke tahun. Fenomena local leader ini tidak akan bertahan lama apabila tidak adanya leadership pipelineatau regenerasi pemimpin yang baik untuk menghasilkan calon-calon pemimpin baru di masa depan.

Belajar leadership tidak bisa hanya dilakukan secara text book, tetapi harus melalui practical learning (pembelajaran secara praktek) terhadap situasi atau kondisi tertentu. Untuk membentuk karakter kepemimpinan pembelajaran juga harus dilakukan secara berkelanjutan (kontinu).

“Surabaya Youth Leadership Conference (SYLC) adalah konferensi yang diselenggarakan untuk menjawab kebutuhan akan anak anak muda yang ingin memiliki jiwa leadership yang kuat. Konferensi ini ditujukan untuk semua anggota baru AIESEC Surabaya yang nantinya akan terjun di project dan kegiatan kegiatan kepemimpinan yang akan diselenggarakan AIESEC Surabaya. Konferensi yang diselenggarakan selama 3 hari ini akan membangkitkan jiwa kepemimpinan mereka dengan cara pemberian materi tentang personal understanding (pemahaman jati diri dan value diri) dan practical learning dengan terjun ke lapangan untuk menjadi problem solver serta menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar,” jelas Wakil Ketua Bagian Humas AIESEC Surabaya, Lusia Wahyu Indriarti, lewat siaran persnya, Kamis (10/3/2016).

Surabaya Youth Leadership Conference (SYLC) akan diselenggarakan di Hotel Weta, Surabaya pada tanggal 11-13 Maret 2016. Sebanyak lebih dari 70 pemuda dari berbagai kampus di Indonesia akan menghadiri acara ini. Acara ini diharapkan mampu untuk mencetak anak anak muda yang mempunyai orientasi untuk bertindak dengan jiwa kepemimpinan yang mereka punya. (ro)