12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Manfaatkan Momentum Gerhana Matahari Total, XL Resmikan Internet Cepat 4G LTE di Belitung

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, Kapolres Belitung AKBP Candra Kumara, dan Presiden Direktur XL, Dian SiswariniTanjung Pandan, KabarGress.com – Menjadi salah satu lokasi perlintasan Gerhana Matahari Total (GMT) menempatkan Belitung sebagai lokasi wisata yang semakin popular. Ribuan wisatawan domestik dan internasional datang ke pulau yang terkenal dengan pantai-pantai indahnya. Momentum GMT pun menjadi waktu yang tepat bagi PT XL Axiata Tbk (XL) untuk meresmikan layanan 4G LTE di Belitung. Presiden Direktur XL Dian Siswarini dan Bupati Belitung H. Sahani Saleh meresmikan layanan internet cepat ini di salah satu menara BTS 4G LTE di area Tanjung Tinggi, Selasa (8/3).

Dian Siswarini mengatakan, “Implementasi 4G LTE ini sekaligus menjadi respon kami atas penetapan Belitung sebagai salah satu destinasi wisata nasional unggulan oleh pemerintah. Apalagi kali ini Belitung menjadi sorotan dunia karena menjadi salah satu spot terbaik untuk mengamati Gerhana Matahari Total. Kami berharap, dengan layanan internet cepat 4G LTE dari XL, kepopuleran Belitung akan semakin mendunia.”

Dian menambahkan, untuk mendukung layanan 4G LTE ini, pada tahap awal XL menempatkan 10 BTS 4G. Wilayah yang akan ter-cover adalah Tanjung Pandan, area Tanjung Binga hingga Tanjung Tinggi, dan Manggar di wilayah Belitung Timur. XL telah menyiapkan jaringan 4G LTE sejak satu bulan terakhir agar segera dapat dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan yang datang ke Pulau Belitung.

Pelanggan XL di Belitung sudah bisa memanfaatkan layanan internet cepat 4G LTE sejak Sabtu, 5 Maret 2016. Tentu saja para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini juga bisa mendapatkan akses internet cepat ini. Kebetulan area yang sudah tercover memang sebagian besar merupakan wilayah yang menjadi destinasi wisata dan pusat kegiatan masyarakat setempat.

Petugas XL di Belitung akan terus mendorong dan mempermudah pelanggan untuk mengganti kartu SIM lama dengan SIM 4G LTE. Selain kemudahan, XL juga menawarkan program menarik dan bermanfaat bagi pelanggan yang telah mengganti kartu SIM lama ke SIM 4G LTE. XL menawarkan bonus kuota internet sebesar 3GB (di jaringan 3G/4G) bagi pelanggan yang sudah meng-upgrade kartunya.

Memanfaatkan momentum kunjungan wisatawan menyaksikan GMT, XL juga akan menyiapkan open booth di Pantai Tanjung Kelayang agar pelanggan bisa lebih dekat mengganti kartu SIM lama dengan SIM 4G LTE.

Menurut Dian, pemilihan Belitung sebagai salah satu daerah prioritas untuk menggelar layanan 4G LTE oleh XL juga atas pertimbangan apresiasi kepada masyarakat setempat. Sejak pertama kali XL hadir di pulau ini sekitar tahun 2004, langsung menjadi pilihan utama masyarakat untuk memenuhi kebutuhan layanan telekomunikasinya. Saat ini di Belitung, sekitar 85% pengguna layanan seluler menggunakan kartu XL.

Belitung telah terlayani oleh layanan XL 3G di hampir semua area. Ada sebanyak lebih dari 120 BTS di seluruh Belitung, dan hampir seluruhnya adalah BTS 3G. Dengan perpaduan layanan data 3G dan 4G LTE dari XL, maka diharapkan para wisatawan makin mempopulerkan keindahan pantai, laut dan batu-batu raksasa di Belitung sebagai salah satu destinasi wisata utama nasional dan internasional melalui momentum GMT. Di beberapa area utama, bahkan XL juga telah melakukan optimasi kekuatan jaringan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Layanan internet cepat yang baik akan membantu mempopulerkan daerah tersebut ke masyarakat dunia. Pada era serba digital seperti sekarang, dipastikan akan menjadi obyek informasi yang akan disebarkan dalam berbagai format, terutama foto dan video. Karena itu, koneksi internet yang cepat dan stabil akan sangat dibutuhkan. (ro)

Teks foto: (kika) Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, Kapolres Belitung AKBP Candra Kumara, dan Presiden Direktur XL, Dian Siswarini dalam peresmian layanan 4G LTE di salah satu menara BTS 4G XL di area Tanjung Tinggi, Belitung, Selasa (8/3).