12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Mahasiswa Ubaya Buat 1 Set Tas dan Sepatu Bergaya Mexico

Kezia Natali menunjukkan hasil karyanya tas dan sepatu motif budaya MexicoSurabaya, KabarGress.com – Kearifan lokal, alam, dan budaya Meksiko, menjadi sumber inspirasi Kezia Natali dalam menciptakan karyanya. Mahasiswi Jurusan Desain Fashion dan Produk Lifestyle Fakultas Industri Kreatif (FIK) angkatan 2012 ini membuat empat produk khusus wanita, yaitu dua sepatu dan dua  tas.

Karya tersebut memang bertujuan untuk menyebarkan kekayaan budaya Meksiko sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Lifestyle Produk Desain Project 2. Proses pembuatan tas dan sepatu tersebut berlangsung kurang lebih 6 bulan dan Kezia pun terlibat sepenuhnya dalam penggarapan desainnya.

“Untuk merancang desain tas dan sepatu berwarna dasar coklat tersebut, saya mendapatkan inspirasi dari beragam motif dan warna yang sering digunakan oleh salah satu tokoh terkenal dari Meksiko, yaitu Frida Kahlo,” ungkap Kezia, di sela-sela acara publikasi karyanya, bertempat di Gedung International Village, Seminar Room, Universitas Surabaya Jalan Raya Kalirungkut Surabaya, Selasa (8/3/2016).

Nabile Gobel bersama Kezia NataliPemilihan warna yang cerah, seperti merah, hijau, dan kuning menerjemahkan wanita Meksiko yang memiliki sifat berani namun tetap terlihat feminim, yang ditampilkan dalam motif bunga pada kedua produk. Seakan ingin memberi tas handmade yang membuat penggunanya tidak akan merasa bosan, tidak tanggung-tanggung, Kezia menciptakan tas yang juga bisa digunakan dalam bentuk tas ransel, tas jinjing, maupun tas selempang.

Alhasil, tas handmade ini tidak hanya cocok untuk dijadikan tas jalan-jalan, namun juga sangat pantas dipakai ke kantor maupun ke kampus. Apalagi, tas handmade berukuran 36x34x9 cm ini memiliki clutch berukuran 20x13cm di bagian dalamnyayang dapat digunakan sebagai dompet.

Desain unik menjadi andalan dari sepatu yang dibuat oleh Kezia. Sepatu yang terdiri dari dua jenis ini, yaitu wedges heels (5-15 cm) dan wedges (4-7 cm) di desain dengan melukis wajah dan mata seorang perempuan yang dikolaborasi dengan motif bunga berwarna cerah. Ketajaman warna dan kehalusan pada setiap gambar yang dibuatnya, membuat produk ini semakin terlihat menarik.

“Saya menggambar wajah pada karya ini karena terinspirasi oleh Frida Kahlo yang merupakan pelukis wanita yang fenomenal di Meksiko karena sifatnya yang tidak mudah menyerah”, ungkap Kezia kelahiran Semarang.

Tidak hanya berfokus pada desainnya saja, pemilihan bahan juga sangat diperhatikan. Kedua produk tersebut menggunakan bahan yang berkualitas, sehingga sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari, tanpa terkesan terlaluformal, namun juga tak tampak terlalu santai. (ro)

Teks foto:

  • Kezia Natali menunjukkan karya tas dan sepatu motif budaya Mexico.
  • Nabile Gobel mengenakan sepatu dan tas produk Kezia Natali.