12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Lazada Jadikan Surabaya sebagai Pusat Bisnis untuk Indonesia Bagian Timur

* Lazada Gelar Roadshow jeLazada di Empat Kota, Sebagai Rangkaian Acara Perayaan Ulang Tahun Ke-empat di Indonesia

Florian Holm, Co-CMO Lazada Group bersama 2 penjual yang memanfaatkan LazadaSurabaya, KabarGress.com – Setelah meraih kesuksesan beroperasi di Indonesia selama empat tahun, Lazada akan menggelar serangkaian kegiatan bertajuk jeLazada roadshow yang merupakan bukti komitmennya terhadap perkembangan inovasi industri e-commerce di tanah air. jeLazada roadshow akan diadakan di empat kota besar di Indonesia yakni Surabaya, Bandung, Medan, dan Yogyakarta.

Rangkaian kegiatan jeLazada roadshow ini dimaksudkan untuk lebih memperkenalkan Lazada kepada para mitra bisnis di masing-masing kota, termasuk Surabaya yang merupakan kota dengan potensi bisnis e-commerce sangat besar dan menjadi pusat kegiatan ekonomi Indonesia bagian timur.

Komitmen Lazada dalam pengembangan industri e-commerce di wilayah Indonesia timur ini tercermin dari pembangunan pusat distribusi baru yang berfungsi sebagai gudang dan hub distribusi di Surabaya, Jawa Timur. Dengan luas 6.200 meter persegi, fasilitas tersebut diharapkan dapat mendukung para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk menjual produk mereka melalui platform marketplace yang dimiliki oleh Lazada.

Florian Holm, Co-CMO Lazada Group mengungkapkan, “Dengan pertumbuhan pebisnis UKM mencapai 300% sejak lima tahun lalu, Surabaya memiliki potensi yang sangat tinggi, khususnya bagi para pelaku UKM yang dapat meningkatkan pertumbuhannya dengan merambah ke industri jual beli online. Dengan tingginya penetrasi Internet serta aksesibilitas teknologi yang meluas, kami melihat Indonesia akan terus menjadi penggerak industri e-commerce khususnya di kawasan Asia Tenggara. Indonesia merupakan pasar penting bagi Lazada, dimana Surabaya telah memiliki salah satu warehouse terbesar untuk pengaturan aktivitas eCommerce di Indonesia bagian timur.”

Memasuki tahun keempatnya di 2016, Lazada telah berhasil melakukan serangkaian pencapaian bisnis dan menjadi situs belanja nomor 1 di Indonesia dengan sekitar 5 juta kunjungan situs setiap harinya.

Sebagai perusahaan e-commerce yang memiliki cabang di enam negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Filipina, Lazada telah menjadi pionir dalam industri e-commerce di Asia Tenggara serta menciptakan standar baru untuk menghadirkan kualitas belanja dan berjualan online terbaik di Indonesia. Sejak peluncuran situsnya pada bulan Maret 2012, Lazada kini telah bermitra dengan sekitar 11.000 penjual yang tersebar di 15 kategori produk yang beragam yang memberikan kontribusi penjualan sekitar 79% selama tahun 2015.

Fakta menarik mengenai perilaku konsumen Lazada di Surabaya:

₋ Konsumen terbanyak terdapat di wilayah Sukolilo dan Gubeng dengan pembelian mayoritas seputar gadget (terbesar), fashion dan kecantikan

₋ Selain itu, Surabaya menjadi satu-satunya kota di Indonesia di mana mayoritas konsumen yang berbelanja online di Lazada lebih memilih melakukan pembayaran melalui kartu kredit

₋ Sekitar 41 persen lebih memilih pembayaran melalui kartu kredit, sementara 31 persen lebih memilih transfer dan 28 persen memilih mekanisme cash-on-delivery (COD)

Untuk terus menjamin kualitas layanan yang optimal bagi seluruh konsumen di tanah air, Lazada memiliki 22 pusat distribusi dan jaringan operasi yang mencakup sekitar 80 persen wilayah Indonesia. Di samping sistem pengiriman dan ekosistem logistik yang mumpuni, Lazada juga memiliki platform marketplace yang luas dengan sekitar dua juta produk tersedia di situs

Lazada, dimana platform tersebut turut berkontribusi sekitar 79 persen dari keseluruhan penjualan Lazada Indonesia. (ro)