Kodam V/Brawijaya Pecat Tiga Prajurit

* Terjerumus Narkoba dan Kasus Asusila

Panglima Daerah Militer V Brawijaya, Mayjend TNI SumardiSurabaya, KabarGress.Com – Kodam V/Brawijaya telah memberhentikan tidak hormat (baca: pecat, red) tiga prajuritnya. Ketiga prajurit tersebut; Serka Didik Afandi, prajurit TNI Angkatan Darat (AD) yang bertugas di Kodim 0827/Sumenep Korem 084/Bhaskara Jaya, akhirnya dipecat tidak dengan hormat karena telah terbukti mengkonsumsi narkoba.

Pemecatan tidak dengan hormat (PTDH) juga dilakukan terhadap 2 prajurit berpangkat Tamtama yang terbukti melanggar tindak asusila dan perzinaan. Keduanya, Praka Melkisedek Buiswarin dari Yonif Mekanis 516/CY Brigif 16/WY, dan Praka Gunawan dari Yonif Mekanis 516/CY Brigif 16/WY. Pemecatan dilakukan dalam upacara rutin tanggal 17 di lapangan Makodam V Brawijaya, Rabu (17/2/2016).

Pemecatan terhadap ketiga prajurit TNI AD di wilayah Kodam V/Brawijaya tersebut ditandai dengan pencopotan baret serta pakaian dinas dalam upacara yang diikuti puluhan prajurit TNI AD. Dalam amanatnya, Panglima Daerah Militer V/Brawijaya, Mayjend TNI Sumardi, menegaskan tidak ada ampun bagi yang melakukan pelanggaran di lingkungan TNI AD.

“Saya sangat miris atas tindak pelanggaran yang dilakukan prajurit seperti ini. Saya tidak akan segan-segan untuk menertibkan prajurit yang melakukan pelanggaran, termasuk PNS di Kodam V/Brawijaya,” tegas Sumardi.

“Hentikan semua bentuk pelanggaran apapun. Jadilah prajurit yang disiplin, jangan melanggar. Saya akan kembali melakukan pemecatan kalau ada lagi yang terbukti melakukan pelanggaran,” tandasnya.

Sumardi lalu mengingatkan, sangat banyak masyarakat yang ingin jadi anggota TNI. Antrian daftarnya cukup panjang. Akan tetapi, keberhasilan atas usaha keras jadi sia-sia hanya karena melakukan pelanggaran yang sudah dipahami tidak patut dilakukan.

“Jadi, hentikan tindak pelanggaran. Jangan melakukan pelanggaran, apalagi pelanggaran narkotika, sangat berat sanksinya. Saya tidak akan tolerir, baik pengguna, apalagi pengedar,” ancamnya mengingatkan. (ro)

Teks foto: Panglima Daerah Militer V/Brawijaya, Mayjend TNI Sumardi.

Leave a Reply


*