12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Transaksi Bank & UMKM Expo Tercapai Rp4 Milyar

Transaksi Bank & UMKM Expo Tercapai Rp4 MilyarSurabaya, KabarGress.com – Gebyar kemeriahan event Bank & UMKM Expo yang ditutup sore kemarin di Grand City Convex Surabaya menjadi simbolisasi berakhirnya pula event yang digelar setiap dua tahunan sekali ini. Bank & UMKM Expo telah digelar mulai tanggal 11 – 14 Februari 2016 oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Wilayah Jawa Timur didukung oleh Pemprov Jatim, Bank Indonesia Jatim, dan Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Kegiatan pameran perbankan ini lebih mendominasi tentang kondisi perekonomian nasional serta UMKM khususnya di area provinsi Jawa Timur yang semakin membaik. Dengan dihadiri pengunjung sebanyak 19.331 orang, mencatatkan jumlah transaksi sebesar Rp 4.850.794.200 dalam kurun waktu 4 hari yang dibuka sejak Kamis lalu. Dengan dibuka untuk Umum secara gratis, event yang melibatkan industri perbankan & para pelaku usaha mikro kecil-menengah ini tentu angka yang tercatat tersebut melebihi ekspektasi dari pihak Bank Jatim selaku Ketua Pelaksana.

Bank & UMKM Expo - Juara Drawing CompetitionBank & UMKM Expo - Juara Coloring CompetitionPerwakilan masing-masing dari peserta stan perbankan, baik konvensional maupun syariah, instansi pemerintahan, UMKM binaan, asuransi, pasar modal, developer properti, dan 16 stan industri pendukung lainnya ini ikut serta menyaksikan acara Closing Ceremony yang resmi ditutup oleh Benny Siswanto selaku Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dan R. Soeroso sebagai Direktur Utama Bank Jatim disambut meriah oleh para pengunjung pameran yang turut menyaksikan.

Menurut Direktur Utama PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur ini, melalui penyelenggaraan acara seperti ini, bank-bank akan semakin terpacu untuk tetap berkontribusi melalui pembiayaan- pembiayaan yang ada untuk mendukung perkembangan UMKM di Jawa Timur khususnya, dan UMKM yang ikut semakin terbuka jalannya untuk tumbuh besar mendukung Masyarakat Ekonomi Asean, dan untuk anggota BMPD tetap menjaga kekompakan dan solidaritasnya.

Bank & UMKM Expo - Juara Lomba Putri Perbankan 2016Bank & UMKM Expo - Juara Lomba Banker Got Talent“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada semua peserta pameran yang terdiri atas Bank-bank peserta BMPD Jawa Timur, baik konvensional maupun syariah, BPR, SKPD di Jawa Timur (Dinkop dan Disperindag), Asuransi , Properti dan Developer, Perusahaan Swasta, Industri Menengah dan Ritel, Industri Rumah Tangga serta Food and Handycraft yang telah bersedia ikut untuk memeriahkan acara Expo Perbankan dan UMKM 2016”, ujar Soeroso.

Dengan dihadiri oleh jajaran direksi dari Bank Indonesia Wilayah Jawa Timur, OJK Region 3, dan BMPD ini sekaligus sesi awarding bagi nama-nama pemenang yang telah terpilih. Seluruh pemenang kompetisi diajak bergabung di panggung utama untuk menerima hadiah dan trophy dari pihak panitia. Dari kompetisi Putri Perbankan tercatat nama Denada Vistia Riskitarami dari perwakilan BTN Gresik sebagai Putri Perbankan, Eritza Mercier Biez perwakilan dari BCA sebagai Runner-Up 1, dan Lia Hardianti Nur Indah dari BJB (Bank Jabar-Banten) sebagai Runner-Up 2.

Bank & UMKM Expo - Juara  proposal tentang pengembangan usaha UMKMSedangkan, untuk acara internal perbankan lainnya, yakni Banker Got Talent yang merebutkan hadiah total jutaan rupiah. Setelah melalui proses seleksi kriteria yang ketat, terpilih duet pasangan menari Ni Ajeng Purbo Retno & Niko Febrianto dari BNI 46 sebagai Juara 1, grup teater JTM 48 perwakilan dari Bank Jatim, dan Juara ketiga disabet oleh Shelvy Yolanda Sari dari Bank Jatim dengan kemampuan vokalnya. Kegiatan acara kompetisi untuk Coloring & Drawing Competition kategori anak-anak pun telah ditetapkan masing-masing pemenang oleh pihak panitia.

Di kategori Coloring Competition (usia 6 – 8 tahun), pelajar SDN Puja bernama Sabrina Syahla menyabet gelar Juara 1, Talitha C. dari MIN Bulusari sebagai Juara 2, dan Earlene B. E. dari JAC International School sebagai Juara 3. Untuk kategori Drawing (usia 9 – 12 tahun) tercatat nama Gaham Syahbani dari SDN Kertajaya sebagai Juara 1, Underbone dari SDN Guwek sebagai Juara 2, dan Sinta Purbawati dari SD Al-Islah sebagai Juara 3.

Bank & UMKM Expo - Juara  Lomba Booth TerbaikLomba antar Mahasiswa pun tak juga tak kalah seru nya. Dari 24 peserta yang telah mengumpulkan hasil karya proposal tentang pengembangan usaha UMKM, panitia memutuskan Legend Team dari Universitas Ciputra, Baskoro Alexander dari Universitas Airlangga, dan Dyah Indah Pratiwi dari perwakilan Universitas 17 Agustus 1945. Pada level UMKM, terdapat juga Be Womenpreneur untuk mengapresiasi para pebisnis wanita. Ketiga Womenpreneur yang menerima awarding adalah profil Merry Angelia dari Suroboyo Heritage Motor Café, Anik Dwi P. dari D’klotia, dan Nurhayati dari Sekar Kraft. (ro)