12/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana Akan Dilantik 17 Pebruari

Surabaya, KabarGress.Com – Tanggal pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya sudah bisa dipastikan. Hal ini sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negri kepada seluruh daerah terkait pelantikan kepala daerah.

Surat dengan tembusan kepada Presiden, Wakil Presiden, Menkopolhukam, Mensesneg, Seskab, Ketua DPRD Provinsi seluruh Indonesia serta Bupati dan Walikota Seluruh Indonesia tersebut menginformasikan bahwa penetapan tanggal pelantikan untuk Gubernur dan Walikota atau bupati pada pilkada serentak 2015.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Mendagri Tjahjo Kumolo tersebut menjelaskan, tanggal pelantikan untuk Tujuh Gubernur terpilih pada pilkada 2015 yang akan digelar pada 12 Pebruari 2016 di Istana Negara, serta meminta Gubernur menggelar pelantikan terhadap Bupati dan Walikota terpilih pada hari Rabu 17 Pebruari 2016 yang ditempatkan di Ibu Kota Provinsi.

Dengan munculnya surat edaran bernomor 005/389/SJ ini secara otomatis dipastikan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Kota Surabaya yakni Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana dipastikan bakal dilantik pada tanggal tersebut yang akan bertempat di Gedung Negara Grahadi.

Menyikapi hal ini, Ketua Bappilu DPC PDIP Kota Surabaya Adi Sutarwijono meminta agar Pemerintah Kota Surabaya segera berkoordinasi dengan Pemprov Jatim untuk mempersiapkan acara pelantikan, mengingat tanggal pelantikan yang tidak terlalu lama lagi.

“Kalau sudah diplot seperti itu, mestinya Pemprov Jatim dan Pemkot saat ini sudah bersiap- siap,” ujarnya singkat. (tur)