01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

MARI Targetkan Pembagian Deviden Hingga 50%

Jakarta, KabarGress.Com – PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI) melakukan Penawaran Umum Perdana Saham PT Mahaka Radio Integra Tbk. tahun 2016 sejumlah 105.052.900 saham biasa atas nama, atau sebesar 20% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham. Saham-saham tersebut ditawarkan kepada Masyarakat dengan Harga Penawaran sebesar Rp750,- (tujuh ratus lima puluh Rupiah) setiap saham, yang harus dibayar penuh pada saat mengajukan Formulir Pemesanan Pembelian Saham (“FPPS”)

Penawaran Umum Perdana Saham PT Mahaka Radio Integra Tbk Tahun 2016 akan dilangsungkan pada:
Tanggal : 2 – 4 Februari 2016
Tempat : PT Adimitra Jasa Korpora
Kirana Boutique Office
Jl. Kirana Avenue III Blok F3 No. 5
Kelapa Gading – Jakarta Utara 14520

Untuk Penawaran Umum Perdana Saham ini, penjatahan pasti (fixed allotment) adalah 98% dari saham yang ditawarkan, atau 102.951.800 saham (senilai Rp77.213.881.500,- pada harga penawaran Rp750,- per saham) dan penjatahan pooling sebesar 2% dari saham yang ditawarkan, atau 2.101.100 saham (senilai Rp1.575.825.000 pada harga penawaran Rp750,-).

Penjatahan sehubungan dengan Penawaran Umum Perdana Saham ini akan diadakan pada tanggal 9 Februari 2016 dan Pendistribusian Saham ke Rekening Efek serta Pengembalian Uang Pemesanan akan dilakukan pada tanggal 10 Februari 2016. Pencatatan di Bursa Efek Indonesia direncanakan pada tanggal 11 Februari 2016.

Seperti yang disampaikan oleh Komisaris Utama Perseroan, Bapak Erick Thohir, MARI memiliki kinerja yang baik sekalipun pada ekonomi yang masih tidak kondusif saat ini. MARI memiliki marjin EBITDA di atas 40% dan marjin laba bersih di atas 30%, yang menunjukkan profitabilitas Perseroan yang relatif tinggi. “Kami optimis akan membagikan deviden hingga 50%, melihat dari track record anak perusahaan MARI yang secara konsisten membagikan keuntungan dalam 3 tahun terakhir.”, ujar beliau kepada wartawan.

Perseroan berkeyakinan bahwa bisnis usaha MARI yang terus dapat menunjukkan kinerja yang baik akan dapat menarik minat para investor di Bursa Efek Indonesia. Seperti yang diungkapkan juga oleh Adrian Syarkawie selaku President Director MARI, “Di masa mendatang, unit usaha MARI akan selalu mengembangkan bisnis utamanya sebagai audio content provider.” (ro)
Sekilas tentang PT Mahaka Radio Integra Tbk

Saat ini Perseroan melakukan kegiatan usaha dengan melakukan investasi secara langsung pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penyiaran radio komersial. Perseroan memiliki 3 entitas anak yaitu PT Suara Irama Indah, PT Radio Attahiriyah dan PT Radio Camar yang masing-masing mengoperasikan stasiun radio komersial.

Sejak 2007, PT Radio Attahiriyah mengoperasikan stasiun radio 98.7 Gen FM di Jakarta yang memiliki target pasar pendengar yang berjiwa muda. Sejak berdiri, 98.7 Gen FM berhasil mendapat beberapa penghargaan diantaranya The Phenomenal Radio Station (2008) dari majalah Rolling Stone Indonesia; The Best in Experiental Marketing (2009) dari Marketing Award; Pelopor Program Unik dan Fenomenal (2010) dari Indonesia Radio Award; Radio Lokal (Jakarta) Favorit (2012), Favourite Radio Online (2012) dan satu-satunya stasiun radio anak muda yang mendapat penghargaan Brand Radio Favorit (2013) dari Marketeers Netizen Award; dan Favourite Radio Show (2013) dari Yahoo!OMG Award. Gen FM Jakarta juga merupakan stasiun radio pertama yang mengudara dengan aplikasi radio streaming untuk telepon seluler. Berdasarkan data Nielsen, sejak 2011 Gen FM Jakarta merupakan radio nomor 1 di Jakarta berdasarkan pangsa pasar pendengar yang hingga saat ini pangsa pasar pendengar 98.7 Gen FM adalah sebesar 22%.

PT Radio Camar memiliki stasiun radio 103.1 Gen FM yang mulai beroperasi sejak 2011 di Surabaya dan saat itu masih merupakan anak perusahaan PT Radio Attahiriyah. 103.1 Gen FM merupakan salah satu radio di Surabaya dengan jumlah pertumbuhan pendengar yang tertinggi dengan target pasar anak muda. Saat ini Gen FM Surabaya menguasai 10% pangsa pasar pendengar radio di Surabaya (Nielsen, September 2015).

PT Suara Irama Indah yang berdiri sejak 2007 mengoperasikan radio 101 Jak FM di Jakarta. 101 Jak FM memiliki target pendengar yang berbeda dari 98.7 Gen FM yaitu segmen profesional dan dewasa muda pada rentang usia 25-35 tahun. Pada segmen tersebut saat ini, 101 Jak FM memiliki pendengar 6% dari pangsa pasar yang ada (Nielsen, September 2015).

Berdasarkan keberhasilan MARI dalam mengembangkan Radio Gen FM di Jakarta dan Surabaya itulah maka Perseroan berkeyakinan bahwa konsep radio Gen FM dapat diterima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat di berbagai daerah lain di Indonesia. Melalui strategi yang sama, MARI berencana untuk membuka radio Gen FM baru di beberapa kota besar di Indonesia.

Untuk menjawab kebutuhan dari pengguna media digital akan musik yang baik dan hiburan yang menarik maka MARI juga berencana untuk meluncurkan digital applications. Di dalam digital applications ini, MARI berusaha untuk mengembangkan suatu komunitas pencinta musik yang sebesar-besarnya, dan berupaya untuk memenuhi segala kebutuhan gaya hidup mereka.