Wagub Lepas Eks Gafatar Asal Jateng

Kadinsos Jatim Serta Aparat Keamanan Berfoto Di Depan Bus Yang Membawa Para Pengungsi Ex GAFATAR Asal Jateng Yang Akan Dipulangkan Ke DaerahnyaSurabaya, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jatim, Drs H. Saifullah Yusuf melepas rombongan eks Gafatar asal Jawa Tengah yang sejak beberapa hari ditampung di Asrama Transito Disnakertransduk, Margorejo, Surabaya, Jum’at (29/01). Rombongan ini rencananya akan dibawa ke Asrama Haji Donohudan Boyolali, untuk selanjutnya dijemput oleh pemerintah kab/kota tempat asal mereka. “Saya mengucapkan selamat jalan, semoga di tempat asal bapak ibu sekalian bisa memulai hidup baru yang lebih baik lagi”, ungkap Gus Ipul sapaan akrabnya.

Saat melepas rombongan, Gus Ipul berpesan agar eks Gafatar ini bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari kasus ini. “Saya harap bapak ibu sekalian bisa mulai merancang hidup ke depan yang lebih baik lagi, merancang masa depan yang baik, dan pada akhirnya mampu membawa negara ini menjadi lebih baik”, pesannya.

Menurutnya, selama di penampungan, eks Gafatar ini berperilaku baik, bahkan tidak ada keluhan soal sampah. Namun demikian, eks Gafatar yang akan dipulangkan ke masing-masing daerah ini akan terus dipantau oleh pemda setempat dibantu oleh TNI/Polri. Mengenai pembinaan, Gus Ipul mengatakan, hal itu akan diserahkan kepada masing-masing pemda. Ia juga meminta masing-masing pemerintah kab/kota untuk memfasilitasi eks Gafatar supaya mereka bisa hidup normal. “Termasuk mengenai bantuan itu akan disesuaikan oleh kemampuan masing-masing daerah”, ujarnya.

Ia juga menyampaikan permintaan maaf apabila selama ditempatkan di Asrama Transito Disnakertransduk ini pelayanannya kurang baik. “Kami sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan, sekiranya masih kurang mohon dimaafkan”, ujarnya.

Eks Gafatar asal Jateng yang dipulangkan ini berjumlah 5 kepala keluarga dengan total 17 orang yang terdiri dari laki-laki, perempuan, dan anak kecil. Rombongan asal Jateng ini berasal dari Sragen, Wonogiri dan Karanganyar. Sebelum berangkat, Gus Ipul menyempatkan untuk naik ke bis yang membawa rombongan dan menyalami satu per satu. Rencananya, bis yang membawa rombongan eks Gafatar dari Jateng ini akan kembali membawa 47 orang eks Gafatar asal Jatim yang tiba melalui Semarang.

Dalam pelepasan ini, Wagub Jatim didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Prov Jatim, Dr. Sukesi, Apt.MARS dan Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Prov Jatim, Siti Nurahmi, SH, M.Si. (hery)

Leave a Reply


*