25/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Terminal Manyar Pelabuhan Gresik Mulai Ujicoba Bongkar Muat

JpegSurabaya, KabarGress.com – Terminal Manyar Pelabuhan Gresik yang berlokasi di kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, mulai mengujicobakan aktivitas bongkar muat perdana. Tampak ada satu kapal yakni Isa Winter yang bersandar dan sedang melakukan bongkar muat. Kapal ini sebesar 7.200 GT akan mengangkut 9.000 ton pupuk NPK Jumbo tujuan Pelabuhan Teluk Bayur di Padang, Sumatera Barat.

“Ini sangat menggembirakan. Bukti Terminal Manyar Pelabuhan Gresik bermanfaat bagi kawasan Gresik, karena pupuk yang akan dikirim ke luar daerah tersebut adalah diproduksi juga di Gresik,” ungkap Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto, di sela-sela acara Tasyakuran Operasi Terminal Manyar Pelabuhan Gresik, Jumat (29/1/2016).

Menurut Djarwo, ujicoba bongkar muat ini dilakukan hingga 3 bulan ke depan untuk selanjutnya dicek dan dievaluasi apa saja yang harus disempurnakan. “Memang masih banyak kekurangan seperti alat bongkar muat yang masih tradisional. Kita masih siapkan alat-alat bongkar muat seperti multipurpose crane. Sebab disini kan memang ditujukan untuk menerima bongkaran mesin-mesin pabrik. Bongkar muat alat maksimal 100 ton beratnya bisa disini. Supaya produktivitas bongkar muat disini jadi lebih baik. Dan sebelum bongkar muat perdana ini juga sudah dilakukan ujicoba sandar kapal,” ujarnya.

Pelindo III juga berharap beroperasinya Terminal Manyar ini akan melibatkan sebanyak mungkin masyarakat sekitar. “Karena pelabuhan ini harus bermanfaat bagi Gresik, Jawa Timur bahkan Indonesia,” tandasnya.

JpegUjicoba bongkar muat tersebut juga sebagai upaya menunjukkan kepada para tenant tentang kesiapan infrastruktur Terminal Manyar. “Pelabuhan Manyar ini sudah layak untuk disandari dan dijadikan aktivitas bongkar muat. Beberapa hari yang lalu kita sudah ujicoba bongkar muat. Hari ini ada pemuatan pupuk 9.000 ton dengan tujuan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat. Saya senang sekali karena kegiatan ini menolong pelayanan yang ada di Tanjung Perak,” lanjutnya.

Terminal Manyar ini dibangun dengan kekuatan sangat besar, sanggup aktifitas bongkar muat hingga beban 100 ton. “Dengan mulai beroperasinya aktivitas bongkar muat di Terminal Manyar mampu membuat efisiensi logistik untuk biaya pelabuhan. Sebab, Terminal Manyar mampu mengurangi antrean kapal di Tanjung Perak,” tukasnya.

Dampak antrean kapal ketika akan bongkar muat yaitu biaya yang semakin tinggi. Dan tingginya biaya tentu bakal menimpa konsumen akhir yakni masyarakat. Terminal Manyar diprediksi beroperasi secara optimal setidaknya dalam 6 bulan mendatang.

Djarwo menyebut jika di belakang Isa Winter telah ada 11 kapal lain yang sedang menunggu. Banyaknya kapal yang menunggu diakui Djarwo merupakan bukti jika pelabuhan di Greater Surabaya Port termasuk Pelabuhan Tanjung Perak, Teluk Lamong, dan Pelabuhan Maspion tidak pernah sepi.

Ditambahkan, acara tasyakuran tersebut juga dilakukan pemberian santunan kepada 3 panti asuhan yang berdomisili di sekitar Terminal Manyar Pelabuhan Gresik. (ro)

Teks foto:

– Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto, memberikan keterangan pers di sela-sela acara Tasyakuran Operasi Terminal Manyar Pelabuhan Gresik, Jumat (29/1/2016). Tampak di belakang sebuah kapal yang sedang melakukan aktivitas bongkar muat.

– Penyerahan secara simbolis santunan kepada 3 panti asuhan yang berdomisili di sekitar Terminal Manyar Pelabuhan Gresik.