01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Situs makinpintar.com Dorong Percepatan Dunia Pendidikan Nasional

Soegianto Soelistiono - Bagas D Bawono - Bintang JuliarsoSurabaya, KabarGress.Com – Dalam upaya mendorong percepatan pendidikan nasional di Indonesia, dunia pendidikan di Indonesia membangun situs online khusus pendidikan berbasis sosial media, beralamat makinpintar.com. “Situs ini dilahirkan dengan tujuan untuk mempertemukan siswa, guru, dan pegiat pendidikan di Indonesia agar lebih mudah berkomunikasi,” ungkap Kepala Pusat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Soegianto Soelistiono, di sela-sela acara peluncuran situs online tersebut, Senin (25/1/2016).

Menurutnya, media sosial yang banyak bermunculan sekarang ini tidak ada satupun yang fokus di bidang pendidikan. “Nah, di situs makinpintar.com ini semua pengguna gadget dan internet akan teregulasi,” tandasnya.

Dia yakin, para penggunanya adalah orang-orang yang jelas ada dan kompeten di bidang pendidikan, baik guru, siswa, maupun para orangtua. “Saya berharap dengan adanya situs makinpintar.com ini para siswa di seluruh Indonesia lebih mudah mengakses informasi mengenai ilmu pengetahuan serta informasi lain seputar dunia pendidikan dari guru-guru yang kompeten,” ujarnya.

Lebih jauh diterangkan, makinpintar.com sebenarnya situs yang dikembangkan dari dua blog yang dibesut oleh Unair di bidang pendidikan. Kedua blog itu adalah guru-indonesia.net dan siswa-indonesia.net yang kini sudah memiliki 90.000 pengguna terdaftar.

“Dengan dikembangkannya jadi makinpintar.com, diharap murid bisa bertanya pada guru dan sebaliknya, sehingga terjadi komunikasi yang cepat,” tukas Soegianto.

Pendiri makinpintar.com tersebut mengakui, masih ada pekerjaan rumah untuk membuat obrolan di dalam situs sosial media pendidikan itu jadi lebih menarik. Dia tahu, obrolan tentang pendidikan itu bagi banyak orang dirasa tidak enak dan kurang menarik. “Ini masih menjadi PR kami,” akunya.

Dia merencanakan, akan menampilkan banyak gambar di situs ini. Dia akan menyiapkan desainer-desainer yang kompeten untuk membuat gambar-gambar di situs itu menjadi menarik.

Dia juga menegaskan, mahasiswa Unair akan dilibatkan dalam proyek ini, terutama di bagian moderator dan admin. Selain itu, di makinpintar.com ini juga akan disediakan fitur lengkap dalam berkomunikasi, mulai chatting, video conference, dan fitur-fitur lain.

Sementara itu, Bagas D.Bawono, developer makinpintar.com yang bekerjasama dengan Unair menargetkan, hingga akhir tahun 2016 setidaknya ada 5 juta pengguna terdaftar dan aktif.

“Saya yakin target itu terlampaui, karena situs ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk guru dan siswa, tapi juga bagi orangtua yang selalu ingin bisa memantau aktivitas anaknya selama bersekolah,” imbuh Bagas. (ro)

Teks toto: Soegianto Soelistiono (kiri), Bagas D Bawono dan Bintang Juliarso, dua pengembang makinpintar.com.